[SALAH] Video Situasi Saat Iran Serang Israel dengan Rudal yang Menyala

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Momen dalam video tersebut merupakan pesta kembang api dan flare untuk merayakan kemenangan tim sepakbola Mouloudia 1921 di Algeria.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4fSIIjp

Arsip video: https://bit.ly/3SUwKMr

= = =

Narasi:

“MENYALA :fire::fire::fire:

ISRAEL LAGI PESTA KEMBANG API, DAPAT HADIAH KIRIMAN DARI IRAN DAN LIBANON :sunglasses:

PERPADUAN ANTARA SORAK SORAI MANUSIA DAN SUARA SIRINE YG MEMANJANG MENAMBAH SEMARAKNYA SUASANA !!!”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menampakkan sebuah kota dimalam hari menyala berwarna merah yang diklaim merupakan situasi yang terjadi di Israel saat serangan Iran dan Lebanon berlangsung. Diketahui dari Kompas.id, pesawat nirawak berdaya jangkau jauh buatan Irak telah menghantam Israel pada 19 Juli 2024.

Namun setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo yang terpublikasi pada turnbackhoax.id, faktanya momen dalam video tersebut merupakan pesta kembang api dan flare untuk merayakan kemenangan tim sepakbola Mouloudia 1921 di Algeria. Tidak ada kaitannya dengan situasi yang memanas antara Irak dan Israel.

Dalam referensi laporannya di turnbackhoax.id, ditemukan video identik yang sudah beredar sejak 8 Agustus 2023, yakni 11 bulan sebelum serangan Irak terhadap Israel. Sehingga dapat dipastikan video tersebut tidak ada kaitannya dengan situasi yang memanas di Timur-Tengah.

Dengan demikian, video situasi saat Iran serang Israel adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

= = =