[SALAH] Video Selebrasi Palestina yang Merdeka pada 15 Mei 2024

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan protes pro-Palestina di Toronto, Canada, bukan video selebrasi kemerdekaan Palestina.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: TikTok
https://ghostarchive.org/archive/W9KGU

=====

Narasi:
“Akhirnya Palestina merdeka hari ini, Rabu 15 mei 2024”.

“Hanya org yg cinta dunia yg takut Palestina merdeka, karna dipercaya pertanda hati kiamat”.

=====

Penjelasan:
Akun TikTok @riskaa8923 mengunggah video yang menunjukkan segerombolan orang membawa bendera Palestina. Video tersebut dilengkapi dengan narasi Palestina yang merdeka pada Rabu, 15 Mei 2024. Video yang diunggah pada 15 Mei tersebut telah disukai oleh 21,000 orang, dibagikan ulang 3,746 kali, serta telah disimpan 2,144 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut palsu. Proses penelusuran dilakukan dengan mencari lokasi asli video tersebut. Pada video dapat dilihat gedung tinggi dengan tiga bendera. Dengan menggunakan InVid dan RevEye Reverse Image Search, lokasi pada video tersebut dapat diketahui, yaitu Toronto 121 King Street West, Canada.

Selain itu, melansir dari artikel turnbackhoax.id yang berjudul “[SALAH] Palestina Merdeka dan Masuk Dalam Daftar Resmi PBB” yang ditulis pada 20 Mei 2024 menjelaskan bahwa pada Mei 2024, Palestina masih berstatus sebagai negara pengamat atau observer state yang bukan merupakan anggota PBB. Palestina baru mulai diakui negara yang berdaulat oleh lebih dari 75% negara anggota PBB pada Juni 2024.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun TikTok @riskaa8923 merupakan konten yang menyesatkan.

 =====

Referensi:
https://www.skyscrapercenter.com/building/standard-life-centre/17325


https://turnbackhoax.id/2024/05/20/salah-palestina-merdeka-dan-masuk-dalam-daftar-resmi-pbb/