[SALAH] Video Salah Satu Tentara Palestina yang Membunuh Tiga Tentara Israel karena Berhasil Menyamar

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video tersebut diambil saat baku tembak antara tentara Ukraina dan tentara bayaran asing di Ukraina, tidak ada hubungannya dengan konflik Israel-Palestina.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/JIUlC

=====

Narasi:
“Salah satu anggota Brigade Al Qassam menyamar sebagai tentara Israel, untuk mendekati beberapa tentara Amerika dan IDF yang mencoba memasuki terowongan. 3 tentara musuh tewas seketika..

#FreePalestine
#FreePalestine”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @_deedejavu_ mengunggah video yang memperlihatkan seorang tentara menembaki beberapa tentara lain, salah satunya yang sedang memegang kemara. Video tersebut diklaim sebagai bukti tiga tentara Israel yang berhasil ditembak oleh salah satu anggota Brigade Al Qassam yang menyamar. Video yang diunggah pada 20 Juni 2024 tersebut telah disukai 3,200 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 1,000 kali, serta telah dilihat hampir 165,000 kali.

Setelah menelusuri video tersebut dengan Yandex Video Search dan memasukkan beberapa tangkapan layar dari video itu di Google Lens, terlihat bahwa beberapa artikel berbahasa Rusia dan Inggris juga menggunakan video yang sama. Salah satunya di artikel Popular Military yang berjudul “Ukrainian conscripts allegedly gun down their foreign fighter allies”  yang ditulis pada 6 November 2023. Pada artikel tersebut juga tertulis bahwa sumber asli video itu masih belum terkonfirmasi, namun video tersebut sudah banyak tersebar di kanal-kanal Telegram Ukraina dan Rusia.

Selain itu, pada 5 November 2023, pengguna Twitter @Zlatti_71 juga mengunggah video yang sama persis, dengan penjelasan runtut mengenai kronologi di video itu. Pengguna Twitter tersebut juga menjelaskan bahwa baku tembak terjadi di tengah adu argumen tentara Ukraina.

Lebih lanjut, media lain yang membahas video ini pada 11 November 2023 adalah media Rusia IA Novorossiya. Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa baku tembak terjadi antara tentara bersenjata Ukraina dan tentara bayaran asing.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @_deedejavu_ merupakan konteks yang salah.

 =====

Referensi:
https://popularmilitary.com/ukrainian-conscripts-allegedly-gun-down-their-foreign-fighter-allies/


https://x.com/Zlatti_71/status/1721203310974107926


https://dzen.ru/a/ZU5kQI0iwxiL47To