[SALAH] Video Guru di Palestina Berbicara di Depan Muridnya yang Semuanya Telah Mati Syahid

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video tersebut dibuat oleh perusahaan media dan lelaki tersebut adalah aktor, bukan guru.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: TikTok
https://ghostarchive.org/archive/zjFnj

=====

Narasi:
“Ya Allah sedih menusuk ke hati lihat rekaman ini. Senyumnya getir muridnya sudah di syurga semua”.

“Seorang guru berbicara seolah olah di depannya ada muridnya.
#freedompalestine #prayforpalestine”.

=====

Penjelasan:
Akun TikTok @sofiyaa mengunggah video seorang lelaki yang sedang berbicara di atas mimbar. Video tersebut diklaim sebagai seorang guru di Palestina yang seolah-olah sedang berbicara di depan muridnya, meskipun pada kenyataannya, semua murid-muridnya telah meninggal dunia. Video yang diunggah pada 3 November 2023 tersebut telah disukai 41,300 orang, dibagikan ulang hampir 5,000 kali, serta telah disimpan sebanyak 4,554 kali.

Setelah mencari sumber asli video tersebut dengan Yandex Video Search dan memasukkan beberapa kata kunci, ditemukan bahwa video dibuat dan diunggah pertama kali oleh akun Instagram @telescope. Melansir dari laman resmi Telescope yang dicantumkan di profil Instagramnya, Telescope merupakan perusahaan media yang membuat konten visual bagi berbagai sektor, dan sebagian besar bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan berbahasa Arab. Pada konten Instagramnya, terlihat bahwa video yang sama persis seperti yang diunggah @sofiyaa ada di daftar paling atas. Pihak Telescope menulis keterangan untuk video tersebut yang berbunyi sebagai berikut:

“Kami, di Telescope, mencoba melalui video ini untuk menjelaskan sebagian kecil dari tragedi menyakitkan yang dialami warga Gaza selama 26 hari terakhir”.

Pada kolom komentar, terlihat pihak Telescope mengucapkan terima kasih kepada akun @mohammad.salamah, yang ketika diperiksa profilnya adalah seorang aktor. Video yang sama juga diunggah di profil pribadinya.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun TikTok @sofiyaa merupakan konteks yang salah.

 =====

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CzHZGuVsgAa/


https://www.telescopegroup.net/


https://www.instagram.com/p/CzHcO7zLRqJ/