[SALAH] Video Gibran Ngomong Pakai Bahasa Arab Jawab Pertanyaan Santri

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya video tersebut merupakan hasil manipulasi semata. Diambil dari video saat Gibran menjawab pertanyaan dari salah satu santri Ponpes Al-Tsaqafah Jakarta.
===========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi
===========
[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1724218541.500101/index.html
===========
[NARASI]:
Masya Allah! Gibran Ngomong Pakai Bahasa Arab Jawab Pertanyaan Santri #gibranrakabuming
===========
[PENJELASAN]:
Sebuah channel YouTube Pemersatu Bangsa menggunggah video Gibran menjawab pertanyaan santri menggunakan bahasa Arab pada tanggal 6 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, video tersebut memiliki kemiripan dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube MerdekaDotCom berjudul “Jawaban Singkat Gibran kepada Santriwati yang Tanya Tips & Kiat Sukses”. Diketahui video tersebut diambil ketika Gibran bertandang ke Ponpes Al-Tsaqafah Jakarta.

Dalam video tersebut tampak Gibran menjawab pertanyaan salah satu santriwati tentang kiat sukses. Pada momen tersebut jawaban Gibran pun singkat dan meminta santriwati untuk belajar dan nurut kepada Kyai sebagai tips sukses menggunakan bahasa Indonesia.

 Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim Gibran menjawab pertanyaan santri menggunakan bahasa Arab adalah konten yang dimanipulasi.

===========
 [REFERENSI] :
https://youtu.be/MdJ260Bk3rk?si=P24mE8pIbLIw7wwu