[SALAH] Video Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Gaza Dirampas Hamas

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya selama ini yang bertanggung jawab untuk menjalankan truk-truk bantuan ke gudang Badan PBB untuk Pengungsi Palestina adalah Polisi Palestina yang tidak memiliki afiliasi dengan Hamas. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://bit.ly/4dE8VQM

= = =

Narasi:

“HAMAS, truk bantuan kemanusiaan yang masuk ke GAZA sepenuhnya diambil alih dan di rampas oleh HAMAS Sebagian besar bantuan untuk warga sipil gaza di ambil isi beserta truknya dikuasai oleh HAMAS Warga sipil gaza yg membutuhkan bantuan makanan malah melongo tdk berani mendekat atau menyetop truck yg dibawa dan dikawal milisi bersenjata hamas”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.co.

Beredar sebuah video di Instagram yang menunjukkan beberapa truk yang diklaim sebagian besar bantuan tersebut seharusnya akan diberikan kepada warga Gaza yang membutuhkan, tetapi truk tersebut diambil alih dan dirampas oleh Hamas.

Penelusuran untuk memverifikasi klaim tersebut, Tempo yang bekerja sama dengan jaringan pemeriksa fakta di Arab menemukan fakta bahwa selama ini yang bertanggung jawab untuk menjalankan truk-truk bantuan ke gudang Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) adalah Polisi Palestina yang tidak memiliki afiliasi dengan Hamas.

Mengutip dari Tempo, video tersebut diambil di perbatasan Rafah di Jalan Salah Al-Din tepat di depan gerbang perbatasan sebelum Israel menduduki wilayah tersebut pada 7 Mei 2024 dan memberhentikan masuknya bantuan ke Gaza.

Diketahui bahwa biasanya Polisi Palestina mengangkut bantuan yang masuk melalui perbatasan menuju gudang utama UNRWA sebelum didistribusikan kepada warga, hal tersebut dikonfirmasi oleh Wael Abu Omar, Direktur Media di perlintasan Rafah kepada AFCN.

Dengan demikian, video bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza dirampas Hamas adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3060/keliru-video-berisi-klaim-hamas-merampas-bantuan-kemanusian-untuk-gaza

= = =