[SALAH] Vaksin COVID-19 Mengandung Logam Berat

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan bahwa vaksin COVID-19 mengandung logam berat dan berbahaya untuk tubuh manusia adalah tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Instagram https://ghostarchive.org/archive/LTfuN (arsip)

===========

[NARASI]: “Sedang memasukan cairan yang mengandung Racun logam berat ke Tubuh.
Sejak di suntikkan maka dalam 2 Tahun ke depan, hampir semua penerima Vaksin COVID Vaksin paling beracun di dunia ini akan terkena serangan jantung/stroke,kanker ganas, infertil, gagal ginjal”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Tempo.
Beredar video di media sosial Instagram mengklaim bahwa vaksin COVID-19 mengandung logam berat dan berbahaya untuk tubuh manusia. Unggahan tersebut menjelaskan efek berbahaya untuk tubuh seperti serangan jantung, kanker dan gagal ginjal sejak disuntik dalam waktu 2 tahun vaksin COVID-19.

Dilansir dari Tempo, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), logam yang digunakan berupa garam aluminium seperti aluminium fosfat, aluminium hidroksida, atau kalium aluminium sulfat dalam jumlah yang sangat kecil. Aluminium berfungsi untuk meningkatkan respons imun terhadap vaksin, terkadang dengan cara mempertahankan vaksin di lokasi suntikan untuk waktu yang sedikit lebih lama atau menstimulasi sel imun lokal.

Bahan pembantu (adjuvant) garam aluminium, seperti aluminium hidroksida, aluminium fosfat, dan aluminium kalium sulfat, telah digunakan dengan aman dalam vaksin selama lebih dari 70 tahun. Vaksin mRNA COVID-19 seperti Pfizer dan Moderna tidak mengandung adjuvan, tapi agar mRNA tetap stabil, Pfizer dan Moderna menyertakan lipid, yang merupakan molekul berbasis lemak, yang melindungi mRNA.

Universitas Oxford juga menegaskan banyak zat yang digunakan dalam vaksin ditemukan secara alami di dalam tubuh, contohnya garam berbahan dasar natrium dan kalium yang sebenarnya penting bagi kehidupan. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan bahwa vaksin COVID-19 mengandung logam berat dan berbahaya untuk tubuh manusia adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3074/keliru-vaksin-covid-19-mengandung-logam-berat
https://turnbackhoax.id/2022/08/22/salah-vaksin-covid-19-mengandung-logam/