[SALAH] Tuntutan Mahasiswa UGM #TolakRUUPilkada untuk Bubarkan DPR dan Partai Politik

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, 4 tuntutan yang beredar bukan merupakan tuntutan resmi UGM maupun BEM KM UGM sebagaimana tertulis pada rilis yang diunggah pada akun Instagram resmi keduanya. Selengkapnya di bagian penjelasan.
———————————————
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
———————————————
NARASI:
MAHASISWA UGM MENUNTUT:
ADILI JOKOWI PENJAHAT DEMOKRASI..
BUBARKAN DPR…
BUBARKAN SELURUH PARTAI POLITIK…
KEMBALIKAN KEDAULATAN KEPADA RAKTAT…
JokowiMabukTahta
JokowiMabukTahta

SUMBER ARSIP: https://archive.md/prBnV


———————————————
PENJELASAN:
Akun X atau Twitter dengan nama @secr3thm4nz56 mengunggah sebuah video yang menampilkan sekelompok massa sedang berdemonstrasi di depan gedung dengan cat warna putih. Pada unggahan tersebut, tertulis klaim 4 tuntutan Mahasiswa UGM terkait demo menolak RUU Pilkada yang dilaksanakan pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Setelah ditelusuri, tidak benar 4 tuntutan yang diklaim pada narasi merupakan tuntutan resmi mahasiswa UGM. Faktanya, tuntutan mahasiswa UGM sebagaimana tercantum pada rilis sikap yang diunggah di akun instagram resmi @bemkm_ugm, tidak terdapat poin-poin sebagaimana klaim yang beredar. Berikut beberapa tuntutan resmi mahasiswa UGM:

1. Menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mematuhi dan menjalankan sepenuhnya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024 sebagai landasan hukum yang harus dihormati oleh semua pihak.
2. Mendesak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera menghentikan pembahasan RUU Pilkada dalam Sidang Paripurna;
3. Hentikan segala macam cara intervensi terhadap lembaga legislatif, yudikatif, serta partai politik oleh Presiden Joko Widodo; Hilangkan praktik nepotisme dalam seluruh tingkat dan lembaga pemerintahan; dan
4. Adili Presiden Joko Widodo-atas pengkhianatan terhadap semangat reformasi dan demokrasi yang telah diperjuangkan dengan darah dan air mata.

Demikian halnya dalam rilis pernyataan sikap UGM yang diunggah di akun instagram resminya @ugm.yogyakarta, tidak terdapat 4 poin sebagaimana informasi yang beredar.

Dengan demikian, klaim yang beredar mengenai 4 tuntutan mahasiswa UGM untuk membubarkan DPR dan Partai Politik, tidak benar.
———————————————
REFERENSI:


https://www.instagram.com/p/C-72AEaPhuN/?igsh=MXVqM2IwMmV2Nm1zNA==
https://www.instagram.com/p/C–Xkbqy8Sy/?igsh=MWFmMm94ejFueXlncQ==