[SALAH] PSI Sebut Prabowo Menyesal Pernah Didukung Umat Islam

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Grace Natalie dari PSI menyatakan bahwa Prabowo menyesal pernah didukung oleh kelompok intoleran saat Pilpres 2019, bukan menyesal karena didukung umat Islam.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/aOwRJ

=====

Narasi:
“PSI Sebut Prabowo Menyesal Pernah Didukung Umat Islam, Sungguh Menyakitkan”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @NetizenGan mengunggah tangkapan layar judul berita FNN yang menyatakan bahwa PSI menyebut Prabowo menyesal pernah didukung oleh umat Islam. Cuitan dan tangkapan layar tersebut diunggah pada 9 Februari 2024.

Berdasarkan hasil penelusuran, hoaks tersebut merupakan informasi lama yang beredar kembali dan menyesatkan. Ketika artikel FNN yang terlihat di tangkapan layar @NetizenGen dibaca lengkap, terlihat adanya ketidakselarasan antara kalimat pertama dan kedua pada paragraf pertama. Pada kalimat pertama tertulis “Grace Natalie menyebut Prabowo Subianto menyesal pernah dekat dan didukung umat Islam pada Pilpres 2019 lalu”. Kemudian, pada kalimat kedua tertulis “Grace menjawab pertanyaan terkait Prabowo yang dulu didukung kelompok intoleran saat Pilpres 2019”.

Narasi tersebut muncul dari wawancara antara komunitas Total Politik dan Grace Natalie yang merupakan anggota partai PSI. Pada video wawancara yang diunggah di akun YouTube Total Politik yang berjudul “Grace Natalie Cerita Saat Prabowo Datangi PSI, Sampai Peluang Gibran”, percakapan mengenai Prabowo yang “menyesal” dimulai pada menit ke 58:30. Di video terlihat pewawancara bertanya mengenai kedekatan Prabowo dulu dengan kelompok-kelompok intoleran, lalu bertanya bagaimana PSI menanggapi hal tersebut. Grace Natalie mengungkapkan bahwa pada pembicaraan santai antara dia dan Prabowo, tersirat bahwa Prabowo memiliki penyesalan. Tidak terdapat pernyataan eksplisit mengenai “kaum intoleran” yang dimaksud adalah umat Islam.

Lebih lanjut, informasi serupa pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] UMMAT ISLAM YANG PUNYA IMAN, GAK AKAN DUKUNG PRABOWO Di PILPRES 2024” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @NetizenGan merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://fnn.co.id/post/psi-sebut-prabowo-menyesal-pernah-didukung-umat-islam-sungguh-menyakitkan


https://www.youtube.com/watch?v=mnuZe0OhEcg


https://turnbackhoax.id/2023/12/19/salah-ummat-islam-yang-punya-iman-gak-akan-dukung-prabowo-di-pilpres-2024/