[SALAH] MOBIL JOKOWI DIKEPUNG MASSA AKIBAT HINA PENDIRI BANGSA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi valid terkait mobil Jokowi dikepung massa akibat hina pendiri bangsa. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1724407181.477461/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
MENCEKK4M!! J0KOWII DIKEPUN9 MASSA AKIB4T HINAA PENDIRI BANGSAA – BREAKING NEWS

BREAKING NEWS
MOBIL PRESIDEN DI JEGAL!?
SELURUH MASSA MINTA JOKOWI HARUS DIADILI DAN DI PIDANA? BEGINI KRONOLOGINYA

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Infotama News yang menampilkan gambar thumbnail mobil presiden di tengah kerumunan massa bernarasikan mobil Jokowi dikepung massa akibat hina pendiri bangsa. Video tersebut diuggah pada 22 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan mobil presiden di tengah kerumunan massa tersebut identik dengan foto yang diunggah oleh situs antarafoto.com berjudul “PERINGATAN DUA TAHUN PEMERINTAHAN JOKO WIDODO”.

Foto tersebut merupakan momen ketika mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berunjuk rasa untuk memperingati dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di kawasan Bundaran Patung Kuda Jakarta, Kamis, 21 Oktober 2021. Dalam foto aslinya tidak menampilkan mobil presiden.

Pada awal video terdapat narasi yang membahas tentang pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut Istana Negara di Jakarta dan Istana di Bogor berbau kolonial menjadi sorotan. narasi itu bersumber dari artikel rmol.id berjudul “Jokowi Menghina Sukarno dan Pendiri Bangsa”.

Selanjutnya narator dalam video juga membacakan artikel dari tvonenews.com yang berjudul “Kaesang Bakal Dipasangkan Ridwan Kamil, Goenawan Mohamad: Permainan Kotor Merusak Demokrasi!”. Artikel ini membahas tentang komentar dari salah satu tokoh sastrawan Indonesia, Goenawan Mohamad terkait Kaesang Pangarep dan Ridwan Kamil yang bakal dipasangkan di Pilgub Jakarta 2024 mendatang.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dari channel youtube Infotama News terkait mobil Jokowi dikepung massa akibat hina pendiri bangsa adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.antarafoto.com/view/1525337/peringatan-dua-tahun-pemerintahan-joko-widodo

https://rmol.id/politik/read/2024/08/14/632671/jokowi-menghina-sukarno-dan-para-pendiri-bangsa

https://www.tvonenews.com/berita/nasional/237401-kaesang-bakal-dipasangkan-ridwan-kamil-goenawan-mohamad-permainan-kotor-merusak-demokrasi?page=all