[SALAH] MEDIA LUAR NEGERI UNGKAP IKN AKAN JADI SEPERTI HAMBALANG

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait media luar negeri ungkap IKN akan jadi seperti Hambalang. Video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan dan thumbnail yang dimanipulasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1724406379.158305/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
MEDIA LUAR NEGERI UNGK4P IKN AKAN JADI RUMAH H4NTU ? CUMA BUANG2 DUIT AJA – BREAKING NEWS

BREAKING NEWS
SELURUH DUNIA MENYAKSIKAN
IKN AKAN SEPERTI HAMBALANG INI BUKTINYA

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan media luar negeri ungkap Ibu Kota Nusantara (IKN) akan jadi seperti Hambalang beredar dari channel youtube bernama Infotama News pada 20 Agustus 2024. Klaim itu diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama presenter wanita luar negeri.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi dan SBY tersebut identik dengan foto yang diunggah pada artikel tribunnews.com berjudul “Ini Salah Satu Topik yang Dibahas Dalam Pertemuan Mendadak Jokowi Dengan SBY”. Thumbnail tersebut telah dimanipulasi dengan ditambahkan presenter wanita luar negeri dalam gambar tersebut.

Narator dalam video hanya memabacakan artikel dari kabar24.bisnis.com yang berjudul “Media Asing Soroti Pembangunan Mangkrak di Tengah Megahnya Upacara di IKN”. Artikel ini membahas tentang diselenggarakannya upacara kemerdekaan di IKN turut mengundang perhatian dari sejumlah media asing, salah satunya Reuters yang menyoroti tahap pembangunan IKN yang dilanda banyak masalah dan mengalami penundaan.

Selain itu, terdapat narasi yang membahas tentang Konflik PKB dengan PBNU yang semakin memanas. Narasi tersebut bersumber dari artikel tvonenews.com berjudul “Semakin Memanas, Konflik PKB dengan PBNU, Cak Imin: Anda Kurang Ajar, Saya Hajar!”.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim media luar negeri ungkap IKN akan jadi seperti Hambalang tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://banjarmasin.tribunnews.com/2017/10/28/ini-salah-satu-topik-yang-dibahas-dalam-pertemuan-mendadak-jokowi-dengan-sby?lgn_method=google&google_btn=onetap

https://kabar24.bisnis.com/read/20240818/15/1791945/media-asing-soroti-pembangunan-mangkrak-di-tengah-megahnya-upacara-di-ikn?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

https://www.tvonenews.com/berita/nasional/237026-semakin-memanas-konflik-pkb-dengan-pbnu-cak-imin-anda-kurang-ajar-saya-hajar?page=all