[SALAH] Mahasiswa Unisba Meninggal Saat Demo 22 Agustus 2024

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, Andi Andriana yang disebut menjadi korban jiwa dalam insiden tersebut, adalah mahasiswa Unibba bukan Unisba. Mahasiswa tersebut juga tidak meninggal, melainkan tertimpa batu saat demo dan saat ini masih dirawat di RS Hasan Sadikin.
=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/Gdsrp
=====    

Narasi   
Innalillahi wa’innailaihi rojiun 
Turut berduka cita atas wafatnya 
MAHASISWA UNISBA 
a/n Andi Andriana saat AKSI DEMO DARURAT INDONESIA 22 agustus 2024 ,…


=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Pemeriksa Fakta Tirto. 
Akun facebook bernama Rhie IV telah mengunggah sebuah video yang mengklaim adanya mahasiswa yang meninggal saat terjadinya demo 22 Agustus 2024. Postingan facebook tersebut telah diunggah pada 23 Agustus 2024. 

Dilansir dari tirto.id, tidak menemukan informasi adanya korban jiwa dari demonstrasi tersebut. Secara khusus di Bandung, berdasar laporan reporter Tirto di lapangan, saat hari demonstrasi, setidaknya ada 15 orang yang mengalami luka parah dan dilarikan ke rumah sakit.

Dalam video tersebut juga disebutkan mengenai Unisba Bandung. Tirto.id menelusuri latar Andi Andriana, yang disebut menjadi korban jiwa dari kejadian tersebut.Tirto menyebut Andi adalah mahasiswa Universitas Bale Bandung (Unibba), bukan Unisba.

Perlu diketahui bahwa Andi, nama mahasiswa yang disebut dalam video tersebut memang mengalami musibah saat mengikuti aksi unjuk rasa pengesahan revisi UU Pilkada di Kota Bandung. Mata kiri Andi luka serius dan mengalami kebutaan setelah terkena lemparan batu dalam bentrokan antara demonstran dan aparat kepolisian. Saat ini, Andi masih menjalani pengobatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin.

Sehingga, informasi mahasiswa Unisba yang menjadi korban jiwa saat ikut massa aksi menolak Revisi UU Pilkada adalah tidak benar. Andi Andriana yang disebut menjadi korban jiwa dalam insiden tersebut, adalah mahasiswa Unibba. Mata kirinya terkena lemparan batu dan terancam mengalami kebutaan. Tapi ia tidak meninggal dunia seperti yang diklaim.
=====     

Referensi: 

https://turnbackhoax.id/2024/08/26/salah-mahasiswa-unibba-tewas-dalam-aksi-demo-tolak-ruu-pilkada/   
https://tirto.id/salah-mahasiswa-unisba-meninggal-saat-demo-darurat-indonesia-g25E