[SALAH] 3 Remaja Ikut Demo 22 Agustus Karena Dibayar 85 Ribu

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video tersebut merupakan video saat demo penolakan hasil pemilu dan mendorong penggunaan hak angket pada 5 Maret 2024.

=====    

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====    

Sumber: Twitter
https://archive.ph/Y7aSI
=====    

Narasi   
Anus @aniesbaswedan ini anak-anak yang ikutan demo kemaren, yang kau suruh untuk merusak fasilitas umum belum dapat bayaran, Anjing kau anus pedofil baswedan

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun twitter bernama Dina Natalia Lee telah mengunggah sebuah video mengenai remaja yang mengikuti demo pada 22 Agustus 2024 karena dibayar 85 ribu. Postingan tersebut diunggah pada 24 Agustus 2024. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan google search image, diarahkan pada artikel berita kabaraktual.id. Thumbnail dalam artikel tersebut juga mirip dengan tangkapan layar pada video tersebut. Artikel tersebut juga telah diunggah pada tanggal 6 Maret 2024. 

Dilansir dalam kabaraktual.id, terdapat 3 remaja yang mengaku melakukan demo karena dijanjikan akan dibayar 85 ribu oleh seseorang bernama Ambon. Akan tetapi, setelah demo selesai mereka mengatakan bahwa belum dibayar.

Pencarian berikutnya pun diarahkan pada kanal youtube QNC Opposite Channel dengan judul “TERCIDUK! DIJANJIKAN 85 RIBU BUAT IKUT DEMO BELA JOKOWI” yang telah diunggah pada 6 Maret 2024. Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut berkemungkinan besar merupakan video saat terjadi demo menolak hasil pemilu dan mendorong penggunaan hak angket yang terjadi pada 5 Maret 2024.

Sehingga, video tersebut bukan merupakan remaja yang dijanjikan akan dibayar 85 ribu untuk demo 22 Agustus 2024, tetapi merupakan demo yang terjadi pada 5 Maret 2024. 

=====     

Referensi:    
https://www.kabaraktual.id/news/peserta-demo-dukung-jokowi-ketipu-janji-dibayar-rp-85-ribu/index.html
https://youtu.be/unU7blOH6CU?si=Cfg1SlTlWiDe5ygf
https://www.liputan6.com/amp/5543315/massa-aksi-demo-tolak-hasil-pemilu-2024-bubarkan-diri-lanjut-lagi-8-10-maret