[PENIPUAN] Cuplikan Video Jusuf Hamka yang Akan Membagikan Uang 56jt dengan Menebak Nama Kota

Hasil periksa fakta Syifa Ainun

Akun Facebook Jusuf Hamka yang memberi narasi akan membagikan uang 56jt bukan milik Jusuf Hamka dikarenakan beliau menyatakan tidak memiliki akun Facebook. Selain itu cuplikan video pada konten tersebut menunjukan saat Jusuf Hamka berada di SMAN 24 Jakarta untuk mengumumkan dimulainya pembangunan Masjid Babah Alun At-Taqwa dan tidak menarasikan akan melakukan pembagian uang dengan cara menebak nama kota.

===========
[KATEGORI]: Konten Tiruan

===========
[SUMBER]: Facebook  https://arsip.cekfakta.com/archive/1724584220.507205/index.html

===========
[NARASI]:
P-U-N-G-L-A-M
Sampai Saat Ini Belum Ada Yg Bisa & pollow…

TeBak Nama Kota Di Atas
Bapak Kirim 56jt Chash !!

===========
[PENJELASAN]:
Telah beredar sebuah video di Facebook yang mengatasnamakan  Jusuf Hamka (https://www.facebook.com/profile.php?id=61552789484171)
memberi narasi akan membagikan bantuan sebesar 56JT bagi yang dapat menebak nama kota pada konten tersebut.

Namun setelah dilakukan penelusuran, cuplikan video pada konten tersebut menampilkan Jusuf Hamka saat berada di SMAN 24 Jakarta untuk mengumumkan dimulainya pembangunan Masjid Babah Alun At-Taqwa, sebuah proyek monumental yang didanai sepenuhnya olehnya.

Berdasarkan dari blog SMAN 24 Jakarta tertulis bahwa masjid ini diharapkan menjadi pusat kegiatan ibadah dan sosial bagi seluruh komunitas sekolah, serta simbol semangat kebersamaan dan keimanan di SMAN 24 Jakarta. Tidak ada narasi yang menyatakan bahwa Jusuf Hamka akan membagikan uang sebesar 56jt dengan menebak nama kota.

Selain itu dilansir dari web https://turnbackhoax.id, konten serupa kerap dijumpai dan mengarah pada bentuk penipuan. Berdasarkan dari hasil penelusuran yang dilakukan pemeriksa fakta Mafindo pada artikel terdahulu menjelaskan bahwa Jusuf Hamka hanya memiliki media sosial berupa Instagram dengan akun @jusufhamka dan Tiktok @mohjusufhamka_official.

Dengan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa unggahan video pada konten tersebut tidak benar dan mengarah pada penipuan sehingga masyarakat perlu waspada jika menjumpai konten serupa.

===========
[REFERENSI]:
https://sman24jkt.sch.id/pembangunan-masjid-babah-alun-at-taqwa-oleh-h-yusuf-hamka/