[SALAH] Video Kondisi Terkini Massa Aksi Demo #TolakRUUPilkada

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang dicantumkan bukan terkait dengan aksi demo menolak RUU Pilkada pada Kamis, (22/08/2024), melainkan aksi demo buruh pada 8 Juli 2024 terkait sidang Judicial Review Omnibus Law di Mahkamah Konstitusi (MK). Selengkapnya di bagian penjelasan.

————————————————————–

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

————————————————————–

NARASI:
Kondisi Terkini, Semoga Mahasiswa / Mahasiswi Bersatu Bergerak Bersama Melawan Kekuasaan Rezim Komunis PKI Yg Berbuat Dzaliman Dan SEMOGA Rakyat Bersatu padu melawan bentuk ke Dzaliman

Sumber: Whatsapp Grup

————————————————————

PENJELASAN:

Sebuah video yang memperlihatkan sekelompok orang dengan baju berwarna hitam dengan memakai ikat kepala berwarna merah sedang asyik menari bersama orang-orang yang memakai baju berwarna biru. Video ini dinarasikan sebagai kondisi terkini aksi demonstrasi mahasiswa terkait Revisi UU Pilkada yang dilaksanakan di sekitaran gedung DPR RI, Kamis, (22/08/2024).

Pemeriksaan fakta dilakukan melalui beberapa metode. Pemeriksaan pertama, memastikan lokasi pengambilan video dengan menerapkan slow motion pada video. Dari pengamatan yang dilakukan, di angle sebelah kiri para demonstran terdapat sebuah monumen mirip patung patung Arjuna Wijaya di Gambir, Jakarta Pusat. Ketika dicocokkan dengan lokasi yang terdapat di Google Street View, pengambilan video tersebut berlokasi di JPO di Jl. Medan Merdeka Barat (https://maps.app.goo.gl/Uud6zoKKLLjboUAE9?g_st=aw).

Penelusuran kedua dilakukan dengan mengambil tangkapan layar dari video dan mengunggahnya ke fitur Google Lens. Dari penelusuran ini didapatkan sebuah postingan foto di facebook dari akun dengan nama PC Spkep Spsi Karawang yang mengunggah 5 foto dengan suasana yang mirip dengan di video. Dalam unggahan tersebut, tertulis keterangan bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi demonstrasi buruh ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang sedang menyidangkan Judicial Review (JR) terhadap Omnibus Law yang diajukan oleh Partai Buruh dan Pekerja/buruh lainnya.

Penelusuran ketiga dilakukan dengan menulis kata kunci “Demo Buruh Flare Patung Kuda,” dan ditemukan beberapa berita yang relevan, salah satunya ditulis oleh CNBC dengan judul “Kepung Patung Kuda & Pakai Flare, Ratusan Buruh Tolak Omnibus Law.” Berdasarkan berita tersebut, aksi demonstrasi ini dilaksanakan pada 8 Juli 2024 berlokasi di Patung Kuda Arjuna Wjaya, Gambir, Jakarta Pusat.

Dengan demikian, klaim kondisi terkini aksi demo menolak Revisi UU Pilkada di sekitaran gedung DPR pada Kamis, 22 Agustus 2024, tidak benar.

———————————————————–

REFERENSI:

https://www.facebook.com/share/p/WstJEeK14gpFuhiH/?mibextid=oFDknk

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240708121149-7-552620/kepung-patung-kuda-pakai-flare-ratusan-buruh-tolak-omnibus-law