[SALAH] Video Dua Atlet Karate Sabuk Hitam Mesir Mengibarkan Bendera Palestina Setelah Mengalahkan Israel di Olimpiade Paris

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut diambil pada 2022, setelah atlet Mesir mengalahkan Israel dalam kejuaraan di Slovenia. Selain itu, cabang olahraga Karate tidak dilombakan di Olimpiade Paris 2024.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: TikTok
https://ghostarchive.org/archive/vq12W

=====

Narasi:
“Dua atlet pemegang sabuk hitam Mesir mengibarkan bendera Palestina setelah mengalahkan lawan asal Israel di Olimpiade Paris”.

“#Free Palestine”.

=====

Penjelasan:
Akun TikTok  @ceuhokki mengunggah video yang menunjukkan tiga atlet karate sedang berada di podium sebagai juara satu, dua, dan tiga. Atlet yang mendapatkan juara satu dan dua adalah atlet dari Mesir, dan terlihat di video tersebut keduanya membawa bendera Palestina. Sementara itu, atlet yang meraih juara tiga terlihat membawa bendera Israel. Video tersebut dilengkapi keterangan bahwa kejadian itu direkam setelah atlet Mesir mengalahkan atlet Israel di Olimpiade Paris. Video yang diunggah pada 30 Juli 2024 tersebut telah disukai oleh 45,400 orang, dibagikan ulang 349 kali, serta telah disimpan sebanyak 1,497 kali.

Setelah menelusuri video yang diunggah @ceuhokki dengan Yandex Video Search dan memasukkan beberapa tangkapan layar dari video tersebut ke TinEye, terlihat banyak video yang sama persis yang telah diunggah sejak 2022, salah satunya oleh akun YouTube “ITKF – International Traditional Karate Federation”. Video yang diunggah pada 20 November 2022 tersebut diberi judul “part 2 – World Champions 2022 ITKF”.

Selain itu, pada laman resmi Olimpiade Paris 2024 pada bagian daftar cabang olahraga yang dilombakan, tidak terlihat cabang olahraga Karate, yang berarti cabang olahraga ini tidak dilombakan di Olimpiade Paris 2024.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun TikTok @ceuhokki merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=72Cgj2GiXmo


https://olympics.com/en/paris-2024/sports