[SALAH] Polisi Meninggal Ditembak Turis Meksiko

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Unggahan ini merupakan hasil manipulasi. Tampilan laman artikel yang ada dalam unggahan Tiktok @meulisan (https://www.tiktok.com/@meulisan?_t=8pBXWJzfWGA&_r=1) mirip dengan laman Kompas TV, tetapi di laman Kompas TV tidak ditemukan artikel tersebut. Selain itu, Polda Bali juga sudah menjelaskan bahwa informasi di atas adalah hoaks.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1724481564.902/index.html

====
[NARASI]
Polisi Meninggal ditembak turis Mexico

Kok bisa ya? Padahal kan ada hukumnya bawa senjata?

====
[PENJELASAN]

Sebuah unggahan beredar di Tiktok memperlihatkan tangkapan artikel yang mirip dengan laman Kompas TV berisi tentang WNA asal Meksiko yang menembak anggota polisi hingga tewas. Tayangan ini diunggah oleh akun bernama @meulisan pada 21 Agustus 2024.

Pemeriksa fakta mencoba mencari artikel terkait di laman Kompas TV dengan petunjuk judul dan tanggal artikel. Hasilnya tidak ditemukan artikel tersebut di laman Kompas TV. Selain itu, dilansir dari http://republika.co.id, Kepala Bidang Humas Polda Bali Komisaris Besar Polisi, Jansen Avitus Panjaitan membantah informasi di atas. Menurut Jansen, ada seseorang yang memanipulasi informasi dengan menggunakan logo salah satu media massa Indonesia dan memuat narasi seperti di atas. Jansen mengimbau kepada masyarakat untuk tidak cepat percaya dengan informasi yang tidak terverifikasi.

Dengan demikian, tidaklah benar informasi tentang polisi meninggal ditembak turis Meksiko.

====
[REFERENSI]

https://news.republika.co.id/berita/sf3jup377/klarifikasi-polda-bali-soal-wna-meksiko-tembak-polisi