[SALAH] Mahasiswa Unibba Tewas Dalam Aksi Demo Tolak RUU Pilkada

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Unggahan tersebut tidaklah benar. Andi Andriana, Mahasiswa Unibba yang terkena lemparan batu saat ini masih hidup dan menjalani perawatan di RS Cicendo. Andi tidak meninggal, tetapi dipastikan mengalami kebutaan permanen.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1724557841.004247/index.html

====
[NARASI]
Keparat
Innalillahi, turut berduka cita atas Musibah yang menimpa saudara kita, Mahasiswa UNIBBA a.n Andi Andriana, Prodi Ilmu Pemerintahan, yang telah ikut berjuang menyuarakan hak dan keadilan untuk kesejahteraan negara ini. Dan karena adanya Tindakan REPRESIFITAS oleh Oknum Polisi, sehingga Sdr ANDI harus di bawa dan ditindak lanjut di RS. Hasan Sadikin atas Luka yang didapat.

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di media sosial menyatakan bahwa ada mahasiswa Unibba yang meninggal karena tindakan represifitas oleh oknum polisi dalam demo aksi tolak RUU Pilkada 2024. Video ini diunggah oleh akun Tiktok bernama @alexhunter280 pada 23 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata informasi meninggalnya mahasiswa di atas tidaklah benar. Dilansir dari http://detik.com, Mahasiswa Universitas Bale Bandung (Unibba) bernama Andi Andriana, kini sedang terbaring di RS Mata Cicendo, Kota Bandung. Masih dilansir dari http://detik.com, Presiden Mahasiswa Unibba Fauzi Septian menjelaskan bahwa informasi yang mengatakan Andi meninggal adalah hoaks. Fauzi mengatakan rekannya tersebut masih hidup meskipun dipastikan mengalami kebutaan permanen. Fauzi juga menjelaskan kronologi kejadian tersebut bahwa Andi terkena lemparan batu yang datang dari arah depan. Batu tersebut menghantam mata kirinya yang membuat Andi tumbang. Kemudian Andi dibawa ke RS Hasan Sadikin Bandung. Setelah diperiksa, Andi langsung dirujuk ke RS Mata Cicendo dan dilakukan tindakan di sana.

Selain itu, Instagram resmi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unibba juga mengunggah kondisi Andi yang terlihat sudah dalam keadaan sadar. Dengan demikian, tidaklah benar informasi terkait meninggalnya mahasiswa Unibba saat aksi demo tolak RUU Pilkada 2024.

====
[REFERENSI]
https://www.detik.com/jabar/berita/d-7505274/mahasiswa-korban-bentrok-demo-dprd-jabar-diisukan-tewas-bem-unibba-hoaks/amp

https://www.instagram.com/p/C_Ci5SLSaVl/?igsh=MWt6aTd5bmo3bTJqNg==