[SALAH] Kas Negara Menipis Maruf Amin Minta Masyarakat Bantu Pemerintah

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya informasi tersebut merupakan Hoax Lama Bersemi Kembali (HLBK). Nyatanya, judul pada artikel tersebut merupakan hasil suntingan, faktanya judul artikel asli dari situs Liputan6.com yang dicatut adalah “Ma’ruf Amin: Kekerasan di Ponpes Mencoreng Dunia Pesantren”.

=====

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://archive.cob.web.id/archive/1724168623.338022/index.html

=====

[NARASI]: Ayo kita bantu pemerintah dengann tidakk membayar pajakkkkk

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “@kang___L” yang mengunggah foto tangkapan layar dengan narasi Ma’ruf amin kas negara menipis Ma’ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut berulang kali muncul pada tahun 2022, pemeriksa fakta Mafindo telah membuat artikel klarifikasi pada laman Turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Kas Negara Menipis Maruf Amin Minta Masyarakat Bantu Pemerintah”.

Faktanya judul pada artikel tersebut merupakan hasil suntingan, faktanya judul artikel asli dari situs Liputan6.com yang dicatut adalah “Ma’ruf Amin: Kekerasan di Ponpes Mencoreng Dunia Pesantren”.

Dengan demikian, klaim tentang Ma’ruf amin kas negara menipis Ma’ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah adalah salah dan masuk kategori konten palsu.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2022/12/31/salah-kas-negara-menipis-maruf-amin-minta-masyarakat-bantu-pemerintah/
https://www.liputan6.com/news/read/5057294/maruf-amin-kekerasan-di-ponpes-mencoreng-dunia-pesantren?page=2