[SALAH] Judul Artikel Liputan 6 “Presiden Palestina Sebut : Indonesia lebih Banyak Bantu Hamas Bukan Bantu Warga Palestina”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Tangkapan layar artikel Liputan6 tersebut merupakan hasil editan. Faktanya, tangkapan layar artikel tersebut sudah diedit di bagian judul. Judul yang asli “Presiden Abbas Tolak Ide Abu Dis Jadi Ibu Kota Palestina”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.
= = = = =
KATEGORI: konten yang dimanipulasi
= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1723428556.509912/singlefile.html


= = = = =
NARASI:
“Presiden Palestina Sebut : Indonesia lebih Banyak Bantu Hamas Bukan Bantu Warga Palestina”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Hotnida Artauli Nadapdap memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel berjudul “Presiden Palestina Sebut : Indonesia lebih Banyak Bantu Hamas Bukan Bantu Warga Palestina”. Postingan tersebut diunggah pada 3 Agustus 2024.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci judul artikel pada postingan Facebook, ditemukan informasi bahwa gambar tersebut telah diedit pada bagian judul. Judul yang asli adalah “Presiden Abbas Tolak Ide Abu Dis Jadi Ibu Kota Palestina”. Jika dibandingkan antara postingan dan artikel asli terdapat kesamaan pada gambar pada artikel. Perbedaan terdapat pada judul artikel.

Dengan demikian postingan Facebook tersebut merupakan hasil editan. Gambar tangkapan layar artikel tersebut sudah diedit di bagian judul. Artikel asli milik Liputan6 berjudul “Presiden Abbas Tolak Ide Abu Dis Jadi Ibu Kota Palestina”, sehingga tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5670475/cek-fakta-hoaks-artikel-liputan6com-berjudul-presiden-palestina-sebut-indonesia-lebih-banyak-bantu-hamas-bukan-bantu-warga-palestina
https://www.liputan6.com/global/read/3227175/presiden-abbas-tolak-ide-abu-dis-jadi-ibu-kota-palestina