[SALAH] Foto Mall Pertama di IKN

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Foto yang diklaim merupakan Mall pertama di IKN merupakan hal yang tidak benar. Faktanya, foto yang menampilkan bagian dalam bangunan tersebut merupakan stasiun bawah tanah yang ada di Shenzhen, Cina bukan Mall pertama IKN.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1723432905.558612/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Peresmian mall pertama di IKN
Menjelang perayaan HUT RI 2024
👍👍👍👍👍”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Chintya Lestari pada “BERANDA SURABAYA” memposting beberapa foto yang menampilkan bangunan bernuansa putih dan terlihat pada foto tersebut. Diklaim merupakan peresmian Mall pertama di IKN. Postingan tersebut diunggah pada 9 Agustus 2024 pukul 09.40.

Setelah ditelusuri menggunakan Yandex ditemukan beberapa foto yang mirip dengan ke 3 foto yang menampilkan bagian dalam bangunan pada postingan tersebut. Pertama, foto yang mirip ditemukan pada website alamy.com, jika dibandingkan bentuk atap pada bangunan memiliki desain struktur yang sama. Bukan hanya desain atap, kesamaan juga terdapat pada bangunan yang ada di samping eskalator. Berdasarkan keterangan pada website tersebut, foto bangunan tersebut merupakan stasiun bawah tanah di Shenzhen, Cina.

Selain website alamy.com, gambar yang identik terdapat juga dalam artikel finace.detik.com berjudul “Futuristik! Atap di Stasiun Bawah Tanah Ini Mirip Black Hole” yang diunggah pada senin 31 Oktober 2022 pukul 21.00 WIB. Dalam artikel tersebut terdapat beberapa foto yang mirip juga dengan postingan Facebook. Foto tersebut merupakan foto stasiun kereta bawah tanah di Shenzhen.

Dengan demikian foto yang diklaim merupakan Mall pertama di IKN merupakan hal yang tidak benar. Foto tersebut merupakan stasiun bawah tanah yang ada di Shenzhen, Cina, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.alamy.com/shenzhen-china-april-3-2024-shenzhen-metro-transit-modern-architecture-in-public-transport-underground-station-gangxia-north-in-shenzhen-china-image606211896.html
https://www.alamy.com/shenzhen-china-april-3-2024-shenzhen-metro-modern-architecture-in-public-transport-underground-station-gangxia-north-portrait-format-in-shenzhen-image605583660.html
https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-6379965/futuristik-atap-di-stasiun-bawah-tanah-ini-mirip-black-hole/2