[SALAH] Buya Yahya Meninggal Dunia Saat Menyembelih Hewan Kurban

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya, ustadz yang dimaksud bukanlah Buya Yahya, melainkan seorang tokoh masyarakat di Desa Pontang, Provinsi Banten bernama Asmala.

=======

[KATEGORI]: Konten Palsu

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1722310812.215143/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “INNALILAHI, Kabar Duka Tepat Hari ini Ustadz Ternama Meninggal Bersama Hewan Qurban”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Hobi Info pada 16 Juni 2024 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa salah satu ustadz ternama yakni Buya Yahya, telah meninggal dunia ketika menyembelih hewan kurban.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya ustadz yang dimaksud bukanlah Ustadz Buya Yahya, melainkan seorang tokoh masyarakat di Desa Pontang, Provinsi Banten bernama Asmala.

Dikutip dari Kompas.com, Asmala meninggal dunia saat menyembelih hewan kurban pada 31 Juli 2020 sekitar pukul 09.00 WIB.

Sumber: Kompas.com

Saat itu, Asmala tiba-tiba terjatuh lemas dengan kondisi tangan yang masih memegang golok ketika memotong sapi. Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, Asmala diketahui memang memiliki riwayat penyakit jantung.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Hobi Info merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://regional.kompas.com/read/2020/08/01/13452421/kisah-ustaz-asmala-meninggal-saat-sembelih-hewan-kurban-sempat-pimpin-shalat?page=all
https://www.tribunnews.com/regional/2020/08/02/ustaz-asmala-meninggal-dunia-saat-sembeli-hewan-kurban-ternyata-punya-riwayat-jantung