[SALAH] Video Iptu Rudiana Lakukan Sumpah Pocong

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan bukti valid bahwa Iptu Rudiana telah melakukan sumpah pocong terkait kasus pembunuhan Vina. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi.
=======
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi
=======
[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1724245926.997886/index.html
=======
[NARASI]:
“SAYA BERSUMPAH DEMI TUHAN” Momen Iptu Rudiana Lakukan Sumpah Pocong Sola Pengakuannya di Kasus Vina
=======
[PENJELASAN]:
Sebuah channel Youtube bernama Aktual Info pada tanggal 3 Agustus 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Iptu Rudiana melakukan sumpah pocong soal pengakuannya di kasus Vina. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Iptu Rudiana melakukan ritual sumpah pocong.

Video berdurasi 16 menit 8 detik tersebut sama sekali tidak menampilkan Iptu Rudiana melakukan sumpah pocong. Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail tersebut hanya editan semata. Dilansir dari tvonenews.com, gambar yang menampakkan sumpah pocong tersebut identik dengan sumpah pocong yang dilakukan oleh Rian Antoni (40 tahun) warga Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2, Palembang. Sumpah pocong tersebut dilakukan lantaran ia dituduh melakukan pencabulan terhadap anak perempuan di bawah umur.

Dalam kasus pembunuhan Vina, diketahui hanya Saka Tatal lah yang telah melakukan sumpah pocong untuk meyakinkan bahwa dirinya tidak bersalah dalam kasus pembunuhan 8 tahun lalu itu (Tempo.co). Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

=======
[REFERENSI]:
https://metro.tempo.co/read/1903088/saka-tatal-lakukan-sumpah-pocong-arti-hingga-kedudukannya-dalam-peradilan-di-indonesia

https://www.tvonenews.com/daerah/sumatera/123546-niat-bersihkan-nama-rian-antoni-warga-palembang-melakukan-sumpah-pocong-atau-mubahalah-di-musala