[SALAH] Presiden Jokowi Memalsukan Ibu Kandungnya

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya Presiden Jokowi merupakan anak kandung dari Widjiatno Notomihardjo dan  Sudjiatmi Notomihardjo. Tidak ada bukti Jokowi memalsukan identitas orang tuanya.

=======

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://arsip.cekfakta.com/archive/1723124812.873222/index.html

=======

[NARASI]: Dia Berani memalsukan ibunya. Selanjutnya dia memalsukan apa saja.
Itulah Jokowi Penipu!
Sekejam-kejamnya Firaun, dia tidak akan memalsukan ibunya

=======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun X dengan nama pengguna @dancersejati07 mengunggah foto dengan klaim bahwa Presiden Jokowi memalsukan identitas ibu kandungnya. Dalam foto tersebut tampak Jokowi mengenakan setelan jas berdiri di samping wanita paruh baya mengenakan baju biru yang diklaim sebagai ibu dari Presiden Jokowi. Di satu sisi tampak Jokowi mengenakan baju batik bersama perempuan berjilbab. Diketahui perempuan yang mengenakan baju batik dan berjilbab tersebut bernama Sudjiatmi Notomihardjo yang merupakan ibu kandung Presiden Jokowi.

Setelah ditelusuri isu yang mengatakan bahwa ibu Sulami adalah ibu kandung Presiden Jokowi telah banyak beredar sebelumnya. Dilansir dari blitar.go.id, telah mengkonfirmasi bahwa berita tersebut tidak benar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim Presiden Jokowi memalsukan identitas ibu kandungnya adalah konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
[1] https://blitarkota.go.id/saber-hoaks/hoaks-ibu-kandung-jokowi-bernama-sulami-yang-merupakan-aktivis-gerwani
[2] https://www.kominfo.go.id/content/detail/17672/hoaks-foto-jokowi-bersama-ibu-sulami-aktivis-gerakan-wanita-komunis-indonesia-gerwani/0/laporan_isu_hoaks
[3] https://www.facebook.com/share/v/ffw8uoG3NAkgiX6v/?mibextid=qi2Omg
[4] https://turnbackhoax.id/2022/09/14/salah-ibu-kandung-jokowi-bernama-sulami-yang-merupakan-aktivis-gerwani/