[SALAH] FOTO WISUDA INI NAMANYA HARI MULYONO

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, foto pria di dalam unggahan tersebut merupakan foto lawas dari Presiden RI, Joko Widodo.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/7EYIr

=====
[NARASI]:

“Hanya ingin menyampaikan bahwa:POTO
WISUDA ini namanya
HARI MULYONO lulusan UGM asli…”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, foto bernuansa hitam putih dari seorang pria yang tampak memakai kacamata dengan balutan perlengkapan pakaian wisuda. Akun Facebook bernama Nabila Tazkiya tersebut menyatakan bahwa pria yang ada di dalam foto tersebut bernama Hari Mulyono, yang disebut merupakan lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Lalu apakah benar bahwa pria berkacamata yang ada di dalam unggahan tersebut merupakan Hari Mulyono?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap gambar tersebut, ditemukan kekeliruan pada klaim yang dituliskan di dalam unggahan. Pasalnya, foto pria berkacamata yang terdapat di dalam unggahan diketahui merupakan foto lawas dari Presiden RI, Joko Widodo.

Melansir dari artikel tribunnews.com, diketahui foto tersebut diunggah pertama kali oleh seorang Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga, Henry Subiakto, melalui akun media sosial X @henrysubiakto. Dalam foto aslinya, Henry mengunggah sebuah foto yang menampilkan beberapa wisudawan yang berjumlah 15 orang.

Dalam unggahannya, Henry turut menuliskan narasi: “Siapa sangka foto wisudawan Fak Kehutanan UGM di Balairung tahun 1985 ini ada yg jadi presiden RI ke 7. Hayo di nomer berapa pak Jokowi?”.

Jadi dapat disimpulkan, unggahan yang menampilkan foto lawas Joko Widodo dan mengklaim bahwa orang pada foto tersebut merupakan Hari Mulyono, merupakan klaim yang salah. Konten ini termasuk ke dalam misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://batam.tribunnews.com/2020/04/30/viral-foto-lawas-wisuda-jokowi-tahun-1985-di-ugm-gibran-ungkap-hadiah-motor-ducati-untuk-sang-dosen

https://bangka.tribunnews.com/2022/03/22/inilah-mendiang-hari-mulyono-suami-idayati-dulu-yang-pernah-ikut-kelola-perusahaan-milik-jokowi

=====

https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/4062009150693521/?mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v