[SALAH] Atlet Taekwondo Pakistan Kalahkan Israel pada Olimpiade Paris 2024

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video tersebut merupakan pertandingan “Europe Karate Championships” yang disiarkan pada Mei 2021, yang mempertemukan atlet Rusia dan Montenegro.

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/zQGZH

=====    

Narasi   
Taekwondo Pakistan lawan Israel pada Olimpiade Paris, baru sekali tendan6gan tepat ka arah leher tikiro peserta Israel Yahudi , langsung maut

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun facebook bernama Suwarno memposting sebuah video yang diklaim merupakan pertandingan Pakistan melawan Israel pada Olimpiade Paris 2024. Dalam video tersebut juga terlihat pertandingan dimenangkan oleh Pakistan. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan reverse image google, penelusuran diarahkan pada artikel berita AFP yang diunggah pada tanggal 4 Agustus 2021. Dilansir dalam afp.com, video yang sama pernah beredar pada tahun 2021 dan juga diklaim sebagai pertandingan karate antara Pakistan dan Israel.

Ternyata, video asli pertandingan taekwondo tersebut merupakan video dari kanal youtube World Karate Federation pada tahun 2021 yang berjudul “European Karate Championships”. Dalam video asli tersebut merupakan pertandingan karate antara atlet dari Rusia melawan Montenegro pada tahun 2021. 

=====     

Referensi:    
https://www.youtube.com/live/T–iPFjrgDA?si=R4xymuvpBmlhMa96
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.9J94X8