[SALAH] TRAH SOEHARTO TURUN, JOKOWI TERANCAM GAGAL REBUT GOLKAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video tersebut juga tidak ditemukan informasi valid terkait Jokowi terancam gagal rebut Golkar karena trah Soeharto turun.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1723988194.722728/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – JKW GAGAL BEREBUT GOLKAR?‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!
TRAH SOEHARTO TURUN
JKW TERANCAM GAGAL REBUT GOLKAR

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Garis Politik bernarasikan Jokowi terancam gagal rebut Golkar karena trah Soeharto turun. Video tersebut diunggah pada 15 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan panggung dan kader Golkar tersebut merupakan momen ketika Ribuan kader dan simpatisan menghadiri Kampanye Akbar Partai Golkar yang digrelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 9 April 2019. Foto tersebut dimanipulasi dengan tambahan foto Titik Soeharto, Jokowi dan Gibran.

Foto aslinya dimuat dalam situs liputan6.com dengan judul “FOTO: Ribuan Kader Hadiri Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan”.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang pegiat media sosial Alifurrahman menganalisa ada tiga kubu yang menginginkan posisi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto serta mampu untuk menempatkan sesorang di dalamnya. Narasi tersebut bersumber dari artikel wartaekonomi.co.id berjudul “Ada 3 Kubu yang Ingin Posisi Ketum Golkar Gantikan Airlangga”.

Selanjutnya narator juga membacakan ulang artikel lainnya dari wartaekonomi.co.id yang berjudul “Kunci Prabowo untuk Dapatkan Posisi Ketum Golkar”. Dalam artikel ini membahas tentang pegiat media sosial Alifurrahman menilai Presiden terpilih Prabowo Subianto mempunyai faktor lebih baik untuk mendapatkan posisi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, yaitu mantan istrinya Titiek Soeharto.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan Jokowi terancam gagal rebut Golkar karena trah Soeharto turun adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/photo/read/3937649/foto-ribuan-kader-hadiri-kampanye-akbar-partai-golkar-di-istora-senayan?page=2

https://wartaekonomi.co.id/read541825/ada-3-kubu-yang-ingin-posisi-ketum-golkar-gantikan-airlangga?page=all

https://wartaekonomi.co.id/read541828/kunci-prabowo-untuk-dapatkan-posisi-ketum-golkar?page=all