[SALAH] MEDIA ASING BONGKAR KEBOBROKAN UPACARA DI IKN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait media asing bongkar kebobrokan upacara di IKN. Video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan dan thumbnail yang dimanipulasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1723988762.811537/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
MAMPUSS !! PENCITRAAN JOKOWI GAGAL, MEDIA ASING RAMAI-RAMAI BONGKAR KEBOBROKAN IKN

BREAKING NEWS
JOKOWI BANJIR HUJATAN
MEDIA ASING T3LANJ4NG1 KEBUSUKAN UPACARA DI IKN

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan media asing bongkar kebobrokan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) beredar dari channel youtube bernama KOPI POLITIK pada 17 Agustus 2024.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang menampilkan siaran televisi media asing seolah sedang membahas tentang Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut merupakan manipulasi dari salah satu potongan gambar dari video BBC News yang diunggah di web arsip. Dalam gambar aslinya tidak menampilkan pemberitaan terkait Ibu Kota Nusantara.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “Kata Media Asing soal Upacara HUT RI di IKN, Sebut Pembangunan Belum Selesai”.

Artikel tersebut membahas tentang beberapa media asing yang menyoroti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Beberapa media asing menyinggung pembangunan IKN yang belum selesai, suasana upacara dan tekad Indonesia membangun ibu kota baru menggantikan Jakarta.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang memabahas tentang media asing bongkar kebobrokan upacara di IKN tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENS]:
https://www.kompas.com/tren/read/2024/08/17/140000165/kata-media-asing-soal-upacara-hut-ri-di-ikn-sebut-pembangunan-belum-selesai?page=all

https://archive.org/details/BBCNEWS_20190209_113000_Dateline_London/start/0/end/60