[SALAH] Lombok Sekarang!! Gelombang Tinggi Mirip Tsunami Sapu Taman Ayu Lombok Hari ini, 20 Agustus 2024

Hasil periksa fakta Syifa Ainun

Klaim yang menyatakan bahwa telah terjadi gelombang yang mirip tsunami dan menyapu Teman Ayu Lombok pada 20 Agustus 2024 adalah pernyataan yang tidak benar. Faktanya video tersebut merupakan cuplikan peristiwa banjir rob yang kerap melanda Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Lombok Barat (Lobar).

===========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========
[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1724132234.555657/index.html

===========
[NARASI]: “LOMBOK SEKARANG!! GELOMBANG TINGGI MITIP TSUNAMI SAPU TAMAN AYU LOMBOK HARI INI 20 AGUSTUS 2024″

===========
[PENJELASAN]: Salah satu video YouTube yang diungah pada tanggal 20 Agustus 2024 menyatakan klaim pada judul bahwa telah terjadi gelombang tinggi mirip tsunami menyapu Taman Ayu Lombok.

Setelah dilakukan penulusaran, cuplikan video tersebut merupakan adanya bencana alam berupa banjir rob yang terjadi di Taman Ayu pada beberapa bulan belakangan ini. Berdasarkan sumber dari artikel Lombok Post yang di publikasi pada 7 Juni 2024 menyatakan bahwa beberapa hari lalu, banjir rob kembali menimpa warga Dusun Taman dan Jeranjang, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Lombok Barat (Lobar).Banjir rob tersebut memang menjadi tamu langganan tiap tahunnya.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan bahwa telah terjadi gelombang tinggi mirip tsunami di Lombok adalah tidak benar.

===========
 [REFERENSI] :
https://lombokpost.jawapos.com/giri-menang/1504734781/derita-warga-taman-ayu-gerung-langganan-banjir-rob-kehidupan-bergantung-dengan-laut?page=3