[PENIPUAN] Video Jokowi yang Membagikan Bantuan 50JT melalui Tangkap Layar dengan Menyesuaikan Gambar yang Bertuliskan 50Jt

Hasil periksa fakta Syifa Ainun

Audio yang ada pada video tersebut telah dimanipulasi dan merupakan hasil editan.

===========
[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

===========
[SUMBER]: Facebook  https://arsip.cekfakta.com/archive/1724135632.35025/index.html

===========
[NARASI]:
“WAJIB JUJUR. YANG BELUM DAPAT BANTUAN 50JT SILAHKAN STOP GAMBAR PAS”
“ Yang sudah dapat bantuan mohon jangan ikut lagi, kasih kesempatan untuk yang belum dapat agar semua adil bisa kebagian bantuan.”

===========
[PENJELASAN]:
Telah beredar sebuah video di Facebook yang menunjukan bahwa Presiden Jokowi akan Membagikan bantuan sebesar 50JT bagi yang dapat melakukan tangkap layar dengan menyesuaikan tulisan 50JT pada konten terkait.

Namun setelah dilakukan penelusuran, berdasarkan informasi dari channel YouTube CNN Indonesia terlihat bahwa cuplikan video pada konten tersebut merupakan cuplikan saat Presiden Jokowi melakukan Pidato untuk menyampaikan Keterangan Pers terkait Pengungsi Rohingya di Indonesia pada tanggal 8 Desember 2023. Pada video tersebut Presiden Jokowi juga tidak menyebut akan membagikan bantuan 50 juta.

Dengan demikian, konten yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi akan memberi bantuan sebesar 50JT dengan menangkap layar sesuai dengan gambar yang pas adalah tidak benar.

===========
[REFERENSI]:
https://youtu.be/lSMit10-688?si=T5w2gYDNfRhLJMkt