[SALAH] Infografis Tarif Baru JakLingko yang Tidak Lagi Gratis

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Penyebutan JakLingko sebagai angkutan umum di Jakarta yang sebelumnya gratis adalah keliru, angkutan umum di Jakarta yang gratis disebut Mikrotrans. Selain itu, Dishub Jakarta juga telah membantah bahwa terdapat penyesuaian tarif baru dari angkutan gratis tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3ym7iIR

= = =

Narasi:

“Jaklingko sekarang bayar gaes”

“Tarif terbaru Jak Lingko.

Saat ini, layanan JakLingko tidak lagi gratis. Tarif ditentukan berdasarkan jenis kartu yang dimiliki. Berikut adalah rinciannya:

1. Kartu JakLingko Utama: Rp 3500

2. Kartu JakLingko Anak: Rp 1.750

3. Kartu JakLingko Lansia: Rp 1.750

4. Kartu JakLingko Disabilitas: Rp 1.750

5. Kartu JakLingko Non-DKI: Rp 5.000”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah infografis yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Dhian Amoyy yang mengklaim bahwa terdapat tarif baru dari JakLingko yang sebelumnya gratis. Terlihat bahwa infografis tersebut dibuat oleh Okezone.

Namun penyebutan JakLingko sebagai angkutan umum di Jakarta yang gratis adalah tidak tepat. Dilansir dari laman Jakarta.go.id, JakLingko merupakan sistem pembayaran angkutan umum yang terintegrasi di Jakarta, sedangkan angkutan umum yang gratis di Jakarta dengan logo JakLingko adalah Mikrotrans.

Dilansir dari TribunNews.com, Kepala Dishub Jakarta telah membantah bahwa terdapat penyesuaian tarif Mikrotrans yang berbayar dari yang sebelumnya gratis. Kepala Dishub Jakarta menyebut bahwa kabar penyesuaian tarif tersebut adalah hoaks, dan memastikan bahwa layanan Mikrotrans saat ini masih bisa dinikmati gratis oleh masyarakat.

Okezone.com yang pertama kali menyebarkan infografis, juga telah menghapus infografis tersebut terlihat tidak ditemukan infografis yang sama pada laman resminya, infografis.okezone.com.

Dengan demikian, infografis tarif baru JakLingko yang tidak lagi gratis adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://jakarta.tribunnews.com/2024/08/05/bantah-ada-penyesuaian-tarif-dishub-dki-layanan-mikrotrans-masih-gratis

https://www.jakarta.go.id/jaklingko

= = =