[SALAH] Video “Rakyat lebah mengeksekusi mati Raja Lebah dzalim”

Bukan raja lebah. Serangga besar di video itu sebenarnya adalah Tabuhan (Hornet) yang digolongkan invasif (invasive) karena mengancam kehidupan Lebah Madu yang berperan penting untuk produksi madu dan industri pertanian.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun X bantoro_ (x.com/Boediantar4) pada 19 Agustus 2024 menunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Ketika melihat Rajanya membunuh rakyat dgn sewenang wenang, maka tanpa diberi komando rakyat langsung mengeksekusi mati Raja dzalim trsebut Rakyat lebahpun punya prinsip bhw Raja dipilih itu utk melayani & mensejahterakan Rakyatnya bukan malah arogan kekuasaan & se-wenang2”

Sumber: https://archive.ph/W6UAk (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai rakyat lebah mengeksekusi mati ratu lebah merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan raja lebah. Serangga besar di video itu sebenarnya adalah Tabuhan (Hornet) yang digolongkan invasif (invasive) karena mengancam kehidupan Lebah Madu yang berperan penting untuk produksi madu dan industri pertanian.

Sebelumnya video yang sama, pernah beredar dan diklaim sebagai Ratu Lebah pada Juli 2023 dan sudah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] Video Ratu Lebah Diserang Kawanan Lebah karena Semena-mena Ketika Berkuasa” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 28 Juli 2023.

Dikutip dari artikel ini, video yang diunggah sumber klaim merupakan bagian dari video yang berdurasi lebih panjang yang diunggah oleh kanal Youtube BBC Earth pada 6 Juni 2021 dengan judul “Ferocious Hornet Moments | Top 5 | BBC Earth”. Di menit ke 3:48, video ini diberi keterangan “BEES KILL A GIANT HORNET WITH HEAT”

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/07/28/salah-video-ratu-lebah-diserang-kawanan-lebah-karena-semena-mena-ketika-berkuasa/
https://turnbackhoax.id/2024/04/01/salah-pemimpin-lebah-membunuh-seekor-lebah-maka-seluruh-rakyat-lebah-membunuh-pemimpinnya/
https://www.youtube.com/watch?v=VUcxNzi0YcY&t=227s

About Adi Syafitrah 1644 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo