[SALAH] PULAU KALIMANTAN TERANCAM SEBAGAI JAMINAN HUTANG KE CHINA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan informasi valid terkait Pulau Kalimantan terancam sebagai jaminan hutang ke China. Video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1723557969.100643/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
BERITA TERKINI ~ JKW MENGUNDURKAN DIRI, PULAU KALIMANTAN TERANCAM SEBAGAI JAMINAN UTANG KE CHINA?

PENGUNDURAN JKW LARI DARI UTANG?
CINA RENCANAKAN BESOK DATANG KE INDO?
MINTA TANAH KALIMANTAN SEBAGAI JAMINAN?!?

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Presiden Jokowi lari dari hutang dan Pulau Kalimantan terancam sebagai jaminan hutang ke China beredar dari channel youtube bernama Kabar Akurat pada 9 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan gabungan dari beberapa gambar berbeda. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang Presiden Jokowi yang menawarkan agar program Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi bagian dari program Belt and Road Initiative (BRI) China. Padahal beberapa negara sudah terkena jebakan utang lewat proyek Jalur sutra China itu.

Narasi tersebut bersumber dari artikel inilah.com berjudul “Jokowi Tawarkan IKN Gabung BRI, Padahal Banyak Negara Terjebak Utang China”.

Dengan demikian, narasi yang disebarluaskan oleh channel yutube Kabar Akurat adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.inilah.com/jokowi-tawarkan-ikn-gabung-bri-padahal-banyak-negara-terjebak-utang-china