[SALAH] Layanan JakLingko Tidak Lagi Gratis

Hasil periksa fakta Raymondha

Informasi mengenai perubahan tarif JakLingko yang tidak lagi gratis adalah salah. Berdasarkan keterangan dari pihak Dishub DKI Jakarta, penggunaan layanan armada JakLingko atau Mikrotrans masih gratis.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://archive.cob.web.id/archive/1723213942.306382/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:
“Jangan kaget dan sedih Bagi yg sering naik jaklingko ada tarif baru”

===========

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan di media sosial Thread membagikan infografis mengenai perubahan tarif baru dari armada transportasi Mikrotrans (sering disebut publik sebagai JakLingko). JakLingko yang selama ini gratis diklaim akan mulai berbayar.

Faktanya, kalim tersebut tidak benar. Dilansir dari akun Instagram resmi milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta). Dalam unggahan bersama @jalahoaks, pihak Dishub DKI Jakarta telah memberi klarifikasi bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar.

Melansir dari MediaIndonesia, Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyampaikan bahwa pemberitaan mengenai tarif JakLingko adalah salah. Ia juga mengatakan, masyarakat yang memerlukan informasi mengenai lalu lintas dan transportasi sebaiknya bisa mengakses akun resmi milik Dishub DKI Jakarta. Sementara Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph, juga menyatakan kalau tidak ada perubahan tarif untuk layanan Mikrotrans, yang masih berstatus gratis.

Okezone.com yang awalnya menyebarluaskan infografis tersebut kini telah menghapusnya, sehingga infografis yang sama tidak lagi dapat ditemukan di laman resminya, infografis.okezone.com. Melalui hal tersebut maka dapat disimpulkan klaim mengenai perubahan tarif dari transportasi Mikrotrans adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :


https://www.instagram.com/p/C-SGjMEy2C2/?g=5&img_index=1

https://mediaindonesia.com/megapolitan/690428/dishub-dki-mikrotrans-berbayar-itu-hoaks#google_vignette

https://infografis.okezone.com/