[SALAH] KAPOLRI TERSERET KONFLIK GOLKAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait Kapolri terseret konflik Golkar. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1723559820.109318/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – KAPOLRI TERSERET KONFLIK DI GOLKAR ? ‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!!!
KAPOLRI TERSERET??
AMBISI BAHLIL KUASAI GOLKAR

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Garis Politik bernarasikan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo terseret konflik Golkar. Video tersebut diunggah pada 13 Agustus 2024.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang ditampilkan juga merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tribunnews.com berjudul “Gerilya Bahlil Lahadalia Rebut Ketua Umum Golkar, Temui Jokowi Hingga Jusuf Kalla”. Artikel ini membahas tentang Presiden Jokowi yang memboyong hampir seluruh Anggota Kabinet Indonesia Maju ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk menggelar sidang kabinet paripurna pada Senin, 12 Agustus 2024.

Selain itu, narator juga membacakan artikel tribunnews.com lainnya dengan judul “Canda Airlangga ke Bahlil: Kursi Kapolri Saja Diambil”. Dalam artikel tersebut membahas tentang candaan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang nampak menarik kursi dekat Kapolri Listyo Sigit dan Airlangga Hartanto berseloroh, bahwa jangankan kursi yang lain, kursi seorang Kapolri saja diambil sama pak Bahlil.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Kapolri terseret konflik Golkar adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://makassar.tribunnews.com/2024/08/12/gerilya-bahlil-lahadalia-rebut-ketua-umum-golkar-temui-jokowi-hingga-jusuf-kalla

https://kupang.tribunnews.com/2024/08/12/canda-airlangga-ke-bahlil-kursi-kapolri-saja-diambil