[SALAH] Jordi Amat Dicoret Dari Timnas Indonesia Karena Jadi Mata-mata Malaysia

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan tersebut tidaklah benar. Narator dalam video hanya berbicara tentang Jordi Amat yang mengalami cedera dan akan dicoret dari Timnas Indonesa pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1723624024.624393/index.html

====
[NARASI]
Di Luar Dugaan !!! Tercyduk Jadi Mata-mata Malaysia, Shin Tae Yong Coret Sang Pengkhianat Jordi Amat

====
[PENJELASAN]

Akun Youtube bernama Kanal mengunggah video yang menyatakan bahwa Jordi Amat dicoret dari Timnas Indonesia karena menjadi mata-mata Malaysia. Video ini diunggah pada 10 Agustus 2024 dan telah dilihat lebih dari 900 tayangan.

Setelah dilihat video secara keseluruhan, ternyata judul dengan isi dalam unggahan tersebut tidak sesuai. Narator dalam video ini menyampaikan tentang Shin Tae Yong yang kemungkinan akan mencoret Jordi Amat di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi dan Australia karena mengalami cedera. Pemeriksa fakta mencoba mencari pernyataan yang disampaikan narator di internet dan menemukannya di laman Radar Solo. Artikel ini berjudul ‘Dikabarkan Cedera, Shin Tae Yong Coret Wakil Kapten Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026’ yang diunggah pada 8 Agustus 2024.

Dengan demikian, pernyataan yang mengatakan Jordi Amat dicoret pelatih karena jadi mata-mata Malaysia tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://radarsolo.jawapos.com/sepak-bola/amp/844955481/dikabarkan-cedera-shin-tae-yong-coret-wakil-kapten-timnas-indonesia-di-kualifikasi-piala-dunia-2026