[SALAH] Banten Hancur Lebur Sekampung Ambrol Diterjang Gempa

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan Banten hancur lebur diterjang gempa hingga sekampung ambrol adalah salah.

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE ttps://ghostarchive.org/varchive/ww_HGhHfHn0  (arsip)

===========

[NARASI]: “BANTEN HANCUR LEBUR!! WARGA HEBOH SEKAMPUNG MENDADAK AMBROL, GEMPA BAYAH”

===========

[PENJELASAN]: Pada 15 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Banten hancur lebur, sekampung mendadak ambrol akibat gempa.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Detiknews yang berjudul “Gempa M 5,2 Guncang Bayah Banten”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa Banten hancur lebur akibat diterjang gempa.

Dilansir dari Detik, Gempa bumi mengguncang wilayah Bayah, Banten. Kekuatan gempa mencapai magnitudo 5,2. Gempa terjadi sekitar pukul 00.55 WIB. Titik koordinat gempa berada di 7,70 LS dan 106,08 BT. BMKG mencatat gempa tersebut memiliki kedalaman 10 km. BMKG juga menuliskan gempa di Bayah, Banten tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dan dampak kerusakan dari peristiwa ini. Masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim Banten hancur lebur diterjang gempa hingga sekampung ambrol adalah salah.

===========

 [REFERENSI] :
https://news.detik.com/berita/d-7490534/gempa-m-5-2-guncang-bayah-banten