[PENIPUAN] Prabowo Bagikan Bantuan Hingga 45 Juta

Periksa Fakta Lilik

Faktanya, tidak ada informasi resmi dari media sosial Prabowo terkait bantuan tersebut. Nomor WhatsApp yang tertera pun bukan milik pemerintah resmi dan audio pada video unggahan adalah hasil manipulasi. 

=====   

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====   

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/E0LUU

=====   

[NARASI]
W.A. 088274278612

=====  

[PENJELASAN]

Sebuah unggahan di Facebook membagikan video reels berisi Prabowo akan membagikan bantuan kepada yang sudah follow dan share dengan menghubungi nomor WhatsApp 088274278612. Nominal bantuan yang diberikan sesuai klasifikasi usia dan tanggungan keluarga mulai dari 10 juta hingga 45 juta.

Setelah dilakukan penelusuran pada sosial media resmi Prabowo, tidak ditemukan informasi bahwa Prabowo membagikan bantuan tersebut. Nomor WhatsApp yang tertera pun bukan milik pemerintah resmi Indonesia.

Kemudian, dilihat bahwa video dan suara yang digunakan tidak sesuai. Gambar dari cuplikan video tersebut ditelusuri melalui google lens dan hasilnya mengarah pada laman iNews.id dengan judul “Pesan Idul Fitri Prabowo Subianto: Semoga Kita Semua Mendapatkan Keselamatan” yang diunggah pada 24 Mei 2020 yang kemudian ditambahkan audio yang telah dimanipulasi.

Berdasarkan penelusuran tersebut dapat dipastikan bahwa unggahan dengan klaim diatas merupakan penipuan. Unggahan semacam klaim diatas banyak ditemukan oleh turnbackhoax.id dan banyak beredar di media sosial. Dengan demikian, unggahan tersebut tidaklah benar.

=====    

Referensi:   

https://www.inews.id/news/nasional/pesan-idul-fitri-prabowo-subianto-semoga-kita-semua-mendapat-keselamatan

https://turnbackhoax.id/2024/06/20/penipuan-prabowo-membagikan-hadiah-bantuan-70-juta/


https://turnbackhoax.id/2024/05/15/salah-prabowo-beri-bantuan-melalui-whatsapp/