[SALAH] Prabowo Pura-Pura Muslim

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar Prabowo pura-pura muslim. Prabowo memang sudah beragama Islam sejak kecil mengikuti agama bapaknya. Selain itu, foto yang digunakan dalam unggahan adalah hasil editan.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten Dimanipulasi

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1723732608.621737/index.html

====
[NARASI]
Prabowo Jokowi Sama Sama Cina Sama Sama Bohongnya pura pura muslim. membohongi rakyat.

====
[PENJELASAN]

Beredar unggahan yang menyatakan bahwa Prabowo berpura-pura menjadi seorang muslim. Dalam unggahan ini juga terdapat foto Prabowo yang terlihat sedang berceramah di sebuah gereja. Video ini diunggah oleh akun @garudasakti pada 11 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata pernyataan tersebut tidaklah benar. Dilansir dari http://detik.com, Prabowo menyampaikan bahwa dirinya seorang muslim mengikuti bapaknya yang juga memeluk agama Islam sejak muda. Hal ini dijelaskan Prabowo saat memberi sambutan di acara Ijtimak Ulama dan Tokoh Nasional tahun 2018. Selain itu, foto ini juga sama dengan klaim yang telah dibantah oleh pemeriksa fakta Mafindo sebelumnya. Dilansir dari http://turnbackhoax.id, gambar tersebut ternyata hasil editan yang aslinya adalah foto Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Anicetus B Sinaga, pada peresmian Gereja Katolik Santa Perawan Maria Kabanjahe, Medan tahun 2014.

Dengan demikian, tidak benar Prabowo pura-pura menjadi seorang muslim.

====
[REFERENSI]
https://news.detik.com/berita/d-4137520/prabowo-ilmu-islam-saya-kurang-tapi