[SALAH] Video “Iptu Rudiana Punya 5 Mobil Sport dan Rumah Mewah Hasil Jual Barang Haram”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Video yang menampilkan rumah mewah merupakan rumah yang dijual di Kemang Jakarta, video tersebut telah beredar di YouTube sejak 26 November 2021. Sedangkan video beberapa mobil mewah telah lama beredar di YouTube sejak 2 November 2023 yang menampilkan koleksi mobil yang berada di garasi showroom milik TDA Luxury Toys. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: YouTube

https://archive.ph/qfuKB

= = =

Narasi:

“Dari Hasil Jual Barang Haram, Ibtu Rudiana Punya 5 Mobil Sport Dan Rumah Mewah.”

“vina cirebon, vina cirebon terbaru, vina cirebon 2016, vina cirebon korban geng motor, vina cirebon kesurupan, vina cirebon full movie, vina cirebon sebelum 7 hari, vina cirebon film, vina cirebon densu, vina cirebon terkini”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di YouTube di saluran “Informasi Selebritis” pada 21 Juli 2024 yang menunjukkan rumah dan beberapa mobil mewah, rumah dan mobil mewah tersebut diklaim merupakan milik Iptu Rudiana dari hasil jual barang haram.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo klaim tersebut menyesatkan. Dalam laporannya yang di turnbackhoax.id ditemukan video identik dari saluran YouTube Garasi Fivehomes yang telah terpublikasi sejak 26 November 2021. Dalam video asli tersebut disebutkan bahwa rumah tersebut dijual di kawasan Kemang, Jakarta, namun tidak disebutkan siapa pemilik dari rumah tersebut.

Terkait penampakan mobil mewah, penelusurannya menemukan video asli telah terpublikasi melalui saluran YouTube MAS BANS pada 2 November 2023, tepatnya pada durasi 1:30 sampai 1:52. Disebutkan juga bahwa mobil-mobil tersebut berada di garasi showroom milik TDA Luxury Toys yang berada di Jakarta Selatan.

Dari penelusuran tersebut dapat dipastikan bahwa rumah dan mobil sport mewah tersebut bukan milik Iptu Rudiana, Kapolsek Kapetakan, Kab. Cirebon yang belakangan ini ramai dibicarakan karena diduga aniaya 7 terpidana kasus Vina Cirebon.

Dengan demikian, video rumah dan mobil sport mewah milik Iptu Rudiana dari hasil jual barang haram adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

= = =