[SALAH] Presiden Jokowi Ditangkap dengan Rompi Orange

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video tersebut hanya membahas mengenai aksi demo di Patung Kuda, Jakarta Pusat 22 April 2024 yang lalu. Tidak ada pembahasan yang membenarkan jika Presiden Jokowi telah resmi ditangkap KPK.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/lTsGr8w__KM (arsip)

===========

[NARASI]:

JOKOWI DI TANGKAP !? LANGSUNG KENAKAN ROMPI ORANGE

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim pada judul jika Presiden Jokowi resmi ditangkap dan mengenakan rompi orange KPK.

Saat disimak lebih lanjut narator hanya membahas tentang demo yang berada di Patung Kuda, Jakarta Pusat pada 22 April 2024 yang lalu.

Dilansir dari Kompas.com, aksi ini dilakukan oleh massa yang tidak setuju dengan hasil Pemilihan Presiden 2024. Aksi ini bertepatan dengan pembacaan putusan Perkara Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi.

Dengan demikian faktanya video tersebut hanya membahas mengenai massa yang berdemo untuk mengungkapkan kemarahan mereka terhadap Presiden RI perihal hasil Pemilu 2024 kemarin.

Sebelumnya temuan klaim serupa juga pernah turnbackhoax.id temukan dalam artikel yang berjudul “[SALAH] Video Jokowi Ditangkap Langsung Kenakan Rompi Oren”.

===========

 [REFERENSI] :

https://kabar6.com/demo-di-kpk-lemkasi-desak-bobby-nasution-dipanggil-dan-diperiksa/