[SALAH] Foto “Pemadaman Listrik Besar-besaran terjadi di Paris 24 jam setelah waria mengejek Tuhan selama Upacara Pembukaan”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Benar adanya pemadaman listrik di empat distrik akibat dari gangguan jaringan dan masalah teknis di Paris. Namun foto yang menampilkan Eiffel tersebut tidak berkaitan dengan pemadaman listrik yang terjadi sehari setelah pembukaan Olimpiade Paris 2024. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/FpRPm

= = =

Narasi:

“berita terkini: Pemadaman Listrik Besar-besaran terjadi di Paris 24 jam setelah waria mengejek Tuhan selama Upacara Pembukaan. “Tuhan tidak dapat diolok-olok. Apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.” (Gal. 6:7)”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari AFP.

Beredar sebuah informasi di Facebook dari akun bernama Sb Stephen Lapian pada 28 Juli 2024 yang menyebut adanya pemadaman listrik sehari setelah pembukaan Olimpiade Paris 2024 di lokasi dekat Eiffel dan Sungai Seine, terlihat dalam postingan tersebut foto sebagai bukti kondisi di sekitar Eiffel yang tidak terlihat cahaya lampu akibat dari pemadaman listrik tersebut.

Namun faktanya foto tersebut tidak ada kaitannya dengan pemadaman listrik di empat distrik di Paris sehari setelah pembukaan Olimpiade 2024. Dilansir dari AFP, foto tersebut diambil pada saat pembatasan sosial pandemi Covid-19 pada 9 Mei 2020. Tidak ada kaitannya dengan pemadaman listrik yang terjadi.

Perusahaan listrik mengkonfirmasi kepada AFP bahwa pemadaman listrik sehari setelah pembukaan Olimpiade Paris 2024 tersebut disebabkan oleh gangguan jaringan dan masalah teknis, distrik 1, 9, 17, dan 18 yang terdampak pemadaman listrik tersebut. Sedangkan menara Eiffel yang menjadi lokasi pembukaan Olimpiade berada di distrik 7 tidak terdampak.

Pembukaan Olimpiade 2024 menuai kontroversi karena dianggap menghina agama Kristen dan diikuti pemadaman listrik sehari setelahnya. Banyak foto lama menara Eiffel yang padam beredar di media sosial dengan konteks yang keliru. Sebelumnya, Pemeriksa Fakta Mafindo di laman turnbackhoax.id juga sudah membantah foto yang diklaim terkait pemadaman listrik di Paris pada Juli 2024.

Dengan demikian, foto pemadaman listrik di sekitar Eiffel setelah pembukaan Olimpiade Paris 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.36B48QT

= = =