[SALAH] Artikel Detik News: “Presiden Rusia Vladimir Putin : Tidak Ada UntungNya Buat Indonesia Demo Dan Injak Bendera Israel, Yang Ada Munafik Di Mata Dunia”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Tangkapan layar tersebut merupakan judul artikel DetikNews yang telah diedit.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Facebook
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/08/Putin-mengatakan-bahwa-Indonesia-demo-ke-Israel-tidak-ada-gunanya.pdf

=====

Narasi:
“Lihat apa kata Presiden Rusia terhadap Indonesia”.

“Presiden Rusia Vladimir Putin : Tidak Ada UntungNya Buat Indonesia Demo Dan Injak Bendera Israel, Yang Ada Munafik Di Mata Dunia”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook bernama Mazmur Daud mengunggah tangkapan layar dari media Detik News mengenai Presiden Putin yang mengatakan Indonesia tidak ada gunanya berdemo melawan Israel. Pada tangkapan layar tersebut juga terlihat bahwa Putin bilang aksi Indonesia tersebut justru membuat Indonesia terlihat munafik di mata dunia. Tulisan dan tangkapan layar tersebut diunggah pada 7 Agustus 2024.

Setelah melakukan pencarian judul tersebut di laman resmi Detik News, tidak ditemukan artikel berita dengan judul demikian.

Selain itu, pencarian juga dilakukan dengan mencari gambar Presiden Putin yang digunakan di artikel Detik News seperti yang terlihat di tangkapan layar Mazmur Daud. Hasil pencarian Tin Eye dan Google Reverse Image Search salah satunya menunjukkan artikel Detik News yang dipublikasikan pada 2015 silam, dengan nama penulis yang sama seperti di tangkapan layar akun Facebook Mazmur Daud. Namun, judul yang asli yang tertulis di artikel tersebut adalah “Vladimir Putin Jadi Orang Paling Berpengaruh di Dunia untuk Ketiga Kalinya”.

Tanda lain yang juga terlihat yaitu adanya garis bergelombang berwarna merah di bawah tulisan sumber foto. Hal tersebut menandakan bahwa halaman tersebut sedang diedit.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook Mazmur Daud adalah konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.detik.com/search/searchall?query=Presiden+Rusia+Vladimir+Putin+%3A+Tidak+Ada+UntungNya+Buat+Indonesia+Demo+dan+Injak+Bendera+Israel%2C+Yang+Ada+Munafik+di+Mata+Dunia


https://news.detik.com/internasional/d-3063541/vladimir-putin-jadi-orang-paling-berpengaruh-di-dunia-untuk-ketiga-kalinya