[BELUM TERBUKTI] Air Rebusan Daun Sirih Dapat Mengobati Iritasi Mata

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti medis yang valid mengenai air rebusan daun sirih yang dapat mengobati iritasi mata. Konten yang menyesatkan.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/08/Air-rebusan-daun-sirih-mengobati-iritasi-mata.pdf

=====

Narasi:
“MATA MERAH DAN GATAL2 KARNA IRITASI COBA RESEP INI…”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook bernama Peace Be mengunggah reels yang menjelaskan bahwa air rebusan daun sirih dapat mengobati mata merah dan gatal-gatal akibat iritasi. Video pendek tersebut telah disukai oleh 18 orang.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. jpnn.com pernah membahas hal ini pada artikelnya yang berjudul “Ketahui Bahaya Air Sirih untuk Mengobati Mata”. Melansir dari artikel tersebut, mengoleskan air rebusan daun sirih ke mata justru dapat memperparah infeksi mata. Hal ini disebabkan salah satunya karena daun sirih yang tidak steril, karena mengandung mikroorganisme seperti jamur yang dapat menimbulkan infeksi mata. Selain itu, air rebusan daun sirih menghasilkan tingkat keasaman tertentu yang belum tentu sesuai dengan pH normal mata.

Selain itu, artikel yang ditulis Alodokter juga menyatakan bahwa pemakaian daun sirih untuk mata belum terjamin kebersihan dan keamanannya. Alodokter juga membahas mengenai ketidakcocokan pH antara rebusan air daun sirih dan mata manusia, seperti yang telah dibahas di artikel jpnn.com. Meskipun di artikel Alodokter disebutkan beberapa manfaat daun sirih untuk mata, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut yang menjanjikan mengenai cara pemakaian yang aman.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook “Peace Be” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.jpnn.com/news/ketahui-bahaya-air-sirih-untuk-mengobati-mata?page=2


https://www.alodokter.com/manfaat-daun-sirih-untuk-mata-dan-fakta-keamanannya