[SALAH] Kalimantan Hancur Lebur Akibat Gempa

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan Kalimantan hancur lebur akibat gempa adalah tidak benar. Faktanya Gempa yang terjadi di Tarakan, Kalimantan Utara miliki magnitudo 4.6 dan terjadi di kedalaman 10 Km. Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dan dampak kerusakan dari peristiwa ini.

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/mAgQFDS3uuI (arsip)

===========

[NARASI]: “BARU SAJA DETIK² KALIMANTAN BERDENTUM KERAS, GEMPA TARAKAN 10 AGUSTUS 2024”

===========

[PENJELASAN]: Pada 10 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Kalimantan hancur akibat gempa.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Tribun News yang berjudul “Gempa M 4.6 Hantam 64 Km Tenggara Tarakan Kalimantan Utara, Cek Pusat Gempa Terkini 2 Menit Lalu”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa yang menghancurkan Kalimantan.

Dilansir dari Tribun News, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis info gempa terkini di wilayah Tarakan, Kalimantan Utara atau Kaltara, cek magnitudo dan titik koordinat gempa pada Sabtu 10 Agustus 2024.

BMKG sebut gempa terkini yang guncang tenggara Tarakan, Kalimantan Utara miliki magnitudo 4.6 dan terjadi di kedalaman 10 Km. Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dan dampak kerusakan dari peristiwa ini.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan Kalimantan hancur lebur akibat gempa adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://kaltara.tribunnews.com/2024/08/10/gempa-m-46-hantam-64-km-tenggara-tarakan-kalimantan-utara-cek-pusat-gempa-terkini-2-menit-lalu