[SALAH] Indonesia Berduka Dua Ribu Rumah Amblas Akibat Banjir

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan dua ribu rumah di Indonesia ambles akibat banjir parah adalah tidak benar. Faktanya banjir yang terjadi di dua kecamatan di Aceh Selatan hanya sebabkan banjir setinggi 10 hingga 50 cm.

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/W7VJnJtTTAY (arsip)

===========

[NARASI]: “2 Ribu Rumah Tiba² Ambles!! Indonesia Berduka Besar, Banjir Terparah Hari Ini”

===========

[PENJELASAN]: Pada 11 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul dua ribu rumah di Indonesia ambles akibat banjir parah.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh rmolaceh.com yang berjudul “Banjir Landa Dua Kecamatan di Aceh Selatan”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi banjir yang menghancurkan dua ribu rumah di Indonesia.

Dilansir dari rmolaceh.com, hujan deras yang mengguyur Aceh Selatan sejak Sabtu sore 10 Agustus 2024, mengakibatkan banjir dan tanah longsor di dua kecamatan, yaitu Tapaktuan dan Labuhan Haji.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Fadmi Ridwan mengatakan pemukiman warga terendam air dengan ketinggian air mencapai 10 sampai 50 Centimeter. Fadmi mengatakan pihaknya telah mengerahkan tim untuk melakukan asesmen dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan dua ribu rumah di Indonesia ambles akibat banjir parah adalah tidak benar. Faktanya banjir yang melanda Aceh Selatan hanya mengakibatkan banjir 10 sampai 50 cm.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.rmolaceh.id/banjir-landa-dua-kecamatan-di-aceh-selatan