[SALAH] “Teroris Hamas Secara Resmi Mengeluarkan Ancaman Terhadap Olimpiade Paris”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya ancaman tersebut adalah ancaman palsu yang mengatasnamakan Hamas yang dibuat oleh kelompok Storm-1516 yang dikenal merupakan kelompok disinformasi asal Rusia. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3WyELrm

= = =

Narasi:

“Teroris Hama secara resmi mengeluarkan ancaman terhadap Olimpiade Paris. Mereka akan membanjiri jalanan di Paris dgn d*r4h. Agama damai.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi dari akun Facebook bernama “Habib Lokal Al-Bawah” yang menyebut bahwa Hamas secara resmi telah mengeluarkan ancaman terhadap Olimpiade Paris 2024, dalam postingan tersebut disebutkan bahwa mereka akan membanjiri jalanan di Paris dengan darah.

Saat ini Olimpiade Paris 2024 telah selesai terlaksana, tidak ditemukan pemberitaan valid yang memberitakan adanya ancaman tersebut. Selain itu, penelusuran oleh Pemeriksa Fakta Mafindo yang telah terpublikasi di turnbackhox.id, dilaporkan bahwa video tersebut merupakan video palsu yang dibuat oleh kelompok Storm-1516 yang dikenal merupakan kelompok disinformasi asal Rusia.

Microsoft’s Threat Analysis Center dari analisanya mengungkapkan ncaman tersebut adalah ancaman palsu yang mengatasnamakan Hamas, seperti yang diungkapkan oleh. Disebutkan juga bahwa pejabat Hamas, Izzat al-Risheq, seperti yang dilaporkan oleh NBC News membantah bahwa video tersebut berasal dari Hamas.

Kemudian, penelusuran oleh Detik.com menemukan beberapa kejanggalan dalam video ancaman tersebut, seperti aksen orang dalam video yang tidak terdengar seperti aksen Palestina hingga pakaian yang dikenakan berbeda yang biasanya juru bicara Hamas mengenakan baju dengan motif loreng dan lambang bendera Palestina di lengan baju.

Dengan demikian, teroris Hamas akan mengancam Olimpiade Paris adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://www.nbcnews.com/tech/misinformation/fake-video-threat-olympic-games-russia-rcna163186

https://news.detik.com/bbc-world/d-7459802/di-balik-video-viral-hamas-ancam-kacaukan-olimpiade-paris

= = =