[SALAH] RIBUAN MASSA DAN TNI BERSATU LAKUKAN ANCAMAN PADA JOKOWI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan informasi valid terkait massa dan TNI bersatu lakukan ancaman kepada Jokowi. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1723442095.885491/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
RIBUAN MASSA DAN TNI BERSATU LAKUKAN ANCAMAN PADA JOKOWI – PILPRES 2024 – PEMILU 2024

~~MENGEJUTKAN..!!!
JOKOWI TAK BISA APA APA
RUMAH REZIM DI HANCURKAN OLEH MASSA DAN SI BAJU LORENG

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan ribuan massa dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersatu lakukan ancaman kepada Presiden Jokowi beredar dari channel youtube bernama Kabar Akurat pada 11 Agustus 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan pemberitaan yang mendukung klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut juga merupakan manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang Pengamat politik Refly Harun mengungkapkan asal uang untuk biayai 500 relawan Presiden Joko Widodo berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur.

Narasi tersebut bersumber dari artikel gelora.co berjudul “Biaya 500 Relawan Jokowi Berkunjung ke IKN, ‘Ya Pakai Uang Negara-lah'”

Dengan demikian, narasi dengan klaim ribuan massa dan TNI bersatu lakukan ancaman kepada Jokowi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.gelora.co/2024/08/biaya-500-relawan-jokowi-berkunjung-ke.html