[SALAH] Foto “Xi Jinping Dilaporkan Menderita Stroke pada Sidang Pleno Ketiga PKT”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut. Foto Xi Jinping memejamkan mata merupakan reaksi sesaat setelah minum dari cangkirnya.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/NOhrK

= = =

Narasi:

“Xi Jinping dilaporkan terkena stroke Tiongkok: Xi Jinping Dilaporkan Menderita Stroke pada Sidang Pleno Ketiga PKT, menurut Jennifer Zeng Tiongkok: Setelah Xi Jinping dilaporkan terkena stroke pada Sidang Pleno ke-3 PKC, kondisinya saat ini tidak diketahui. Gambar yang berkaitan dengan kejadian tersebut. Belum ada penampilan resmi sejak itu. Saluran Telegram http://WW3[dot]INFO News, https://t[dot]me/WW3INFO”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah kabar dari akun Twitter @bdleonanda pada 18 Juli 2024 yang mengklaim bahwa Xi Jinping dilaporkan terkena stroke pada Sidang Pleno Ketiga Partai Komunis Tiongkok (PKT), hal tersebut dibuktikan dengan foto yang memperlihatkan Xi Jinping seperti kesakitan.

Namun setelah ditelusuri dengan mesin pencarian Google, tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut, justru media berita internasional seperti Reuters.com dan Rappler.com membantah klaim tersebut.

Penelusuran Reuters menemukan foto serupa dari Xi Jinping yang dipublikasi oleh AP Newsroom pada 15 Maret 2024, dalam publikasi tersebut disebutkan bahwa Presiden China pada momen tersebut memejamkan mata setelah minum dari cangkir pada sesi penutupan Kongres Rakyat Nasional yang diadakan di Aula Besar Rakyat di Beijing, Senin, 11 Maret 2024.

Perlu diketahui bahwa akun Twitter @bdleonanda sudah beberapa kali menyebarkan hoaks, dan beberapa postingan yang diunggahnya sudah pernah dibantah kebenarannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo.

Dengan demikian, Xi Jinping terkena stroke adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/months-old-photos-chinas-xi-jinping-shared-july-2024-2024-07-18

https://www.rappler.com/newsbreak/fact-check/photo-xi-jinping-suffering-stroke-miscaptioned

https://newsroom.ap.org/editorial-photos-videos/detail?itemid=5b845a02ad7d475a9d0681d9c280858d&mediatype=photo

= = =