[SALAH] Video Kota Tel-Aviv yang Hancur Diserang oleh Yaman

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut menunjukkan Kota Acapulco, Meksiko, yang rusak akibat badai, bukan Tel-Aviv yang hancur setelah diserang kelompok Houthi.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/lOhHq

=====

Narasi:
“KONDISI KOTA TEL AVIV JADI KOTA MATI JUGA, DAN MUDAH2HAN PASUKAN HAMAS, HISBULLAH DAN PASUKAN YEMAN BERHASIL MEMUKUL MUNDUR DAN MENGIRIM PASUKAN ISRAEL MENUJU KE NERAKA ,DAN PALESTINA SEGERA BS MERDEKA”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook bernama Ridho Arya Reborn mengunggah video yang menunjukkan sebuah kota hancur lebur. Video tersebut dilengkapi dengan penjelasan bahwa itu merupakan kondisi Kota Tel Aviv setelah diserang. Video tersebut diunggah pada 2 November 2023.

Setelah dilakukan pencarian video dengan InVid dan Yandex Video Search, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis banyak ditemukan di internet, baik di media sosial maupun kanal berita. Salah satunya yang pernah diunggah oleh pengguna Twitter @MLopezSanMartin. Pada video yang diunggah oleh pengguna Twitter tersebut, terlihat sama persis dengan video yang diunggah oleh akun Facebook “Ridho Arya Reborn” namun tanpa penjelasan mengenai Tel Aviv dan Yaman. @MLopezSanMartin menjelaskan dengan Bahasa Spanyol bahwa video itu adalah dampak dari Badai Otis.

Selain itu, video yang sama persis juga diunggah oleh pengguna Twitter lain bernama @tallyman2023. Pengguna Twitter tersebut juga menambahkan bahwa video itu merupakan Kota Acapulco yang benar-benar rusak akibat badai Otis.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook “Ridho Arya Reborn” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://x.com/MLopezSanMartin/status/1717761129433235928


https://twitter.com/tallyman2023/status/1718148550188806173